Revitalisasi IPAL sebagai Taman Baca dan Penguatan STEAM Berbasis Digital di Wilayah Kelurahan Bandungrejosari
Abstract
Sebagai upaya dalam meningkatkan minat baca masyarakat dengan memanfaatkan lahan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) dengan membangun TBM (Taman Bacaan Masyarakat) merupakan salah satu program yang dinilai dapat meningkatkan minat baca masyarakat serta melakukan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) adalah metode pembelajaran yang mengintegrasikan dua atau lebih mata pelajaran. STEAM adalah pendekatan yang berfokus pada siswa. pada generasi Alpha dalam menghadapi era digital di Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun Kota Malang. Penulis berupaya membangun proyek inovatif yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam mencapai target dalam penguatan STEAM terhadap guru dan orang tua wali Pos Paud Permata Hati dengan harapan dapat diimplementasikan di ruang lingkup sekolah maupun dirumah. begitu jg pemanfaatan IMPAL dalam peningkatan motivasi membaca warga rw 10 Kelurahan Bandungrejo sari Kota Malang. Adapun tahapan dalam kegiatan ini mencakup berberapa hal seperti; pendahuluan, pelaksanaan program, evaluasi serta realisasi proyek. Kegiatan tersebut mencapai pada tujuan dengan realisasi revitalisasi lahan IPAL dan pendekatan STEAM yang dapat mendorong sektor SDM khususnya pendidikan dan pemberdayaan Perempuan dan lingkungan di RW 10 KEL Bandung Rejosari kota Malang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nurwulan NR. Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Madaniya. 2020 Aug 17;1(3):140-6.
Bidang Komunikasi dan Informasi Publik. Deklarasi ‘Kuthone Resik Rejekine Apik’, Upaya Tangani Permasalahan Sampah. Malangkota.Go.Id. https://malangkota.go.id/2023/12/15/deklarasi-kuthone-resik-rejekine-apik-upaya- tangani- permasalahan-sampah/ 2023, December 5
Syamsuar S, Reflianto R. Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. 2019 May 24;6(2).
Parniati W, Hadi YA, Hamdi Z, Husni M. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEAM pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas IV MI NW Ajan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2021 Sep 20;5(3):6170-6.
Fajriani A, Batubara AK, Abidin S. Manajemen Taman Baca Masyarakat Palang Merah Indonesia dalam Meningkatkan Minat Baca di Desa Tegal Sari Mandala Medan Denai Sumatera Utara. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2023 Aug 12;3(1):913-21.
Rismayani R, Merdeka PH. Gerakan taman baca dari mahasiswa untuk desa. Journal of Community Service (JCOS). 2023;1(1):7-13.
Chumaidah M, Jalil A, Hidayat CT. Taman Baca Masyarakat “Tholabul’ilmi” Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Desa Panduman Kecamatan Jelbuk. Journal of Community Development. 2020 Oct 30;1(1):19-24.
Nuragnia B, Usman H. Pembelajaran STEAM di sekolah dasar: Implementasi dan tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 2021 Dec 22;6(2):187-97.
Rifai M. Pembelajaran STEAM Sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Multidisiplin Madani. 2022 Aug 30;2(8):3469-74.
Fitri DA, Suryana D. Pembelajaran STEAM dalam mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2022 May 12;6(2):12544-52.
Sah, Yuni Wahyuni, Budi Santosa, and Haryono Putro. "Optimalisasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Menggunakan Gps-X." Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi 21.2 (2022): 173-186.
Yunus, M. STEAM dalam Pendidikan: Respon Guru dan Implementasinya dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Visi Sosial Humaniora, 4(1), 29-38.
Refbacks
- There are currently no refbacks.