Analisa Kualitas Game Genshin Impact Dengan Metode McCall

Sulistyowati Sulistyowati, Bimantoro Bayu Aji, Andy Rachman, Budanis Dwi Meilani

Abstract

Genshin Impact merupakan salah satu game open-world populer yang menawarkan pengalaman bermain yang imersif dengan alur cerita yang menarik, serta gameplay yang beragam. Pengukuran kualitas perangkat lunak game sangat penting karena berbagai alasan yang berkaitan dengan pengalaman pengguna, kinerja, dan keberhasilan jangka panjang produk. Dengan mengukur kualitas perangkat lunak game, pengembang dapat memastikan bahwa game mereka tidak hanya menarik secara visual dan menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga andal, aman, dan berkinerja baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas game Genshin Impact menggunakan Metode McCall dengan fokus pada dimensi Product Operation. Dalam analisis ini, aspek kualitas perangkat lunak yang dinilai adalah correctness, reliability, efficiency, integrity, dan usability. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur, observasi langsung terhadap gameplay, serta pengumpulan data dari pemain game pada grup discord Genshin Impact melalui kuesioner sejumlah 78 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa Genshin Impact memiliki presentase nilai untuk indikator correctness sebesar 83% dan usability sebesar 45%. Namun ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki, terutama dalam indikator reliability yang hanya mendapatkan presentase nilai sebesar 33%, lalu untuk eficiency mendapatkan presentase nilai sebesar 36%, dan integrity mendapatkan presentase nilai sebesar 29%. Sehingga secara keseluruhan Genshin Impact memiliki presentase nilai 67% yang berarti game Genshin Impact termasuk dalam kategori game yang berkualitas. Analisis ini memberikan wawasan bagi pengembang game dan komunitas pemain untuk memahami kelebihan dan kekurangan Genshin Impact dari perspektif kualitas perangkat lunak.

Keywords

Genshin Impact; kualitas perangkat lunak; metode McCall; analisa kualitas game; product operation

Full Text:

PDF

References

Nurfitriya, A. & Kusumandyoko, T.C. (2021). “Analisis user experience pada game among us dengan menggunakan game-design factors questionnaire”, Jurnal Barik, 2(3), pp. 148–162.

Law, James. (2020). “Does Genshin Impact have cross-platform play and cross-save?”. Rock Paper Shotgun.

Reinola, I. (2022). “Tower of Fantasy – Is the Game Really a Genshin Impact With a Social Twist?”. Available at: https://www.gamerefinery.com/tower-of-fantasy-is-the-game-really-a-genshin-impact-with-a-social-twist/#:~:text=The differences between the open,players smoother than Genshin Impact.

Jonathan Bolding. (2023). ”Genshin Impact Revenue Exceeds $100 Million Just Two Weeks After Release”. Forbes.

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2014). Software Engineering: A Practitioner's Approach. McGraw-Hill Education

Farisi, A. & Saputra, H. (2022) “Analisis Kualitas Sistem Informasi Menggunakan Metode McCall: Studi Kasus SPON MDP”, Techno.Com, 21(2), pp. 237–248.

Sulistyowati; Rachman, Andy & Rozi, Nanang Fakhrur. (2023). “Rekayasa Perangkat Lunak: Memahami Proses, Metodologi, dan Tantangan”.

Saputera, Surya Ade; Sunardi, Dandi; Syafrizal, Agusdi & Samsidi, Pantra. (2020). “Evaluasi Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode McCall”, Journal of Technopreneurship and Information System, Vo. 3 No. 2, pp. 38-45.

Juliane, Christina; Dzulkarnaen, Rizal & Susanti, Windi. (2019). “Metode McCall Untuk Pengujian Kualitas Sistem Infromasi Administrasi Tugas Akhir (SIATA)”, Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), Vol. 3 No. 3, pp. 488-495.

Camara M, A. Suhari; Aelani, K. & Juniar S, F. Dwi. (2021) “Pengujian Kualitas Website menggunakan Metode McCall Software Quality”, Journal of Information Technology, Vol. 3 No. 1, pp. 25–32.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.