Analisis Desain Rangka Dan Penggerak Alat Pembulat Adonan Kosmetik Sistem Putaran Eksentrik Menggunakan Solidwork

Imam Sungkono, Hery Irawan, Desmas Arifianto Patriawan

Abstract

Berlatar belakang dari pembuatan adonan kosmetik yang masih dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan. Pada penelitian ini penulis akan mencoba membuat suatu inovasi yang diharapkan mampu menunjang jumlah produksi kosmetik. Dalam penelitian ini dilakukan berbagai pengujian salah satunya pengujian pada rangka. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan pada rangka dengan total beban tetap sebasar 80 kg dan beban tambahan sebesar 2 kg didapat beberapa hasil seperti : tegangan (Von misses stress) maksimal 9,2 Mpa, Displacement maksimal 4,1e-002 mm dan angka keamanan / safety factor sebesar 1,2e+007. Ketiga hasil tersebut terjadi pada daerah weld permukaan atas tepatnya pada rangka bagian belakang, dari pengujian dan kondisi dari rangka setelah dilakukan pengujian maka bisa disimpulkan untuk rangka alat pembulat adonan kosmetik tersebut aman.

Keywords

Kosmetik; Pembulat Adonan; Sistem Eksentrik; Solidwork 2017

Full Text:

PDF

References

Effendy, Yulham. 2016. “Analisis Desain Rangka Sepeda Amphibi”. Skripsi. Fakultas Teknologi Industri. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Surabaya.

M L. Mohammad. 2017. Design and static structural analysis of a race chassis for Formula Society of Automotive. Journal of Physics : Conference Series

Deutschman, Aaron D. 1975. Machine Design : Theory and Practice.

Hendi Saryanto, 2013. Tutorial Solidworks Lecturer of Mechanical Engineering. Programs Universitas muhammdiyah, Tangerang.

Online Material Information, www.Matweb.com

Yogie, Arief. 2016. “ Analisis Produk Shaft Assembly Menggunakan Solidwork”. www.wordpress.com

Nugroho, Cahyo. 2015. “Analisa Kekuatan Rangka Pada Traktor” Jurnal Integrasi.

S. D. Kamble. 2013. “Structural Analysis For Frame of Machine Tool-EDM. International Journal of Advanced Engineering Technology.

Susmito, Agus. 2018. “Desain Kekuatan Sambungan Hoop Pillar Dan Bearer Pada Struktur Rangka Bus Menggunakan Solidworks”. Jurnal Simetris

Syamsudin, Arief 2014. “Solidwork History”. www.wordpress.com

Refbacks

  • There are currently no refbacks.