Pengaruh Jumlah Lapisan dan Rasio Coating Epoxy pada Pipa JIS G3141 terhadap Ketebalan, Kekasaran Coating, dan Laju Korosi

Muhammad Yusuf Nur Rohmat, Afira Ainur Rosidah, Naili Saidatin

Abstract

Korosi disebabkan oleh beberapa faktor seperti temperatur, kadar air, zat elektrolit, & permukaan logam yang tidak rata. Oleh karena itu, logam dilindungi untuk mencegah korosi, salah satunya dengan cara pelapisan (coating). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi jumlah lapisan coating epoxy dan rasio epoxy:hardener yang mampu memperlambat laju korosi secara optimal. Variasi yang digunakan adalah jumlah lapisan coating dengan 2, 4, dan 6 lapis, serta variasi rasio epoxy:hardener 1:1; 1:0,75; dan 1:0,5. Sedangkan pengaruh variasinya dianalisis terhadap ketebalan lapisan coating, kekasaran dan laju korosi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, semakin banyak jumlah lapisan coating dan perbandingan epoxy:hardener, maka ketebalan semakin besar. Ketebalan terbesar 177µm pada variasi jumlah lapisan 6 lapis dan epoxy:hardener 1:1. Tren nilai yang sama juga dapat dilihat pada hasil kekasaran. Nilai kekasaran tertinggi adalah 1,704 µm pada variasi jumlah lapisan 6 lapis dan epoxy:hardener 1:1. Nilai laju korosi mengalami penurunan seiring dengan penambahan ketebalan lapisan coating, nilai laju korosi terendah didapatkan pada variasi jumlah lapisan 6 lapis dan epoxy:hardener 1:1 dengan nilai 0,313 mpy.

Keywords

epoxy; ketebalan; kekasaran; laju korosi

Full Text:

PDF

References

I. G. A. Arwati and F. Tifani, “Corrosion Rate Analysis of JIS G-3141 Steel for Automotive Inner Wheel House Production with Weight Loss Method,” World Chem. Eng. J., vol. 6, no. 1, pp. 1–4, Jun. 2022.

Y. K. Afandi, I. S. Arief, and A. Amiadji, “Analisa Laju Korosi Pada Pelat Baja Karbon Dengan Variasi Ketebalan Coating,” J. Tek. ITS, vol. 4, no. 1, pp. G1–G5, Mar. 2015, doi: 10.12962/j23373539.v4i1.8931.

A. A. Priyahutama and A. A. Rosidah, “ANALISIS LAJU KOROSI DAN KEKERASAN BAJA AISI 1020 DALAM MEDIA ASAM SULFAT DENGAN VARIASI SUDUT BENDING DAN MATERIAL PELAPISAN,” J. Ilm. Tek. MESIN, vol. 11, no. 2, Art. no. 2, Aug. 2023, doi: 10.33558/jitm.v11i2.7126.

I. R. Setyawan and A. A. Rosidah, “Analisis pengaruh variasi jumlah pelapisan dan jarak pelapisan spray coating pada baja AISI 1020 terhadap kekasaran dan laju korosi dengan media air garam,” J. Tek. Mesin Indones., vol. 18, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2023, doi: 10.36289/jtmi.v18i2.463.

A. F. Rulfakih, “Pengujian Nilai Ketebalan dan Adhesion Test Lapisan Powder Coating dengan Variasi Jumlah Layer dan Metode Pelapisan pada Material Baja Astm A709,” undergraduate, Politeknik Negeri Jember, 2024. Accessed: Aug. 21, 2024. [Online]. Available: https://sipora.polije.ac.id/35959/

U. M. Sugeng and A. Fato, “ANALISA MEKANIS BAJA PADA BAHAN SPCC-HD DENGAN PROSES DEEP DRAWING DALAM PEMBUATAN,” 2020.

A. A. Rosidah, V. A. Setyowati, and M. Choir, “Effect of Current and Coating Time on the Layer Thickness and Corrosion Rate of Electroplated AISI 1045,” SPECTA J. Technol., vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2021, doi: 10.35718/specta.v5i1.337.

A. Yusuf et al., “PENGARUH WAKTU DALAM PROSES ELEKTROPLATING DENGAN PELAPISAN KUNINGAN TERHADAP KETEBALAN DAN KETAHANAN BAJA KARBON,” TEKTONIK J. Ilmu Tek., vol. 1, no. 4, Art. no. 4, Jul. 2024, doi: 10.62017/tektonik.v1i4.1814.

A. Kenteurachmat, P. Manik, and A. Wibawa, “Analisis Pengaruh Tekanan dan Jarak Air Spray Terhadap Ketebalan Coating dan Laju Korosi Pada Baja A36,” vol. 12, no. 3, 2024.

M. G. Fontana, Corrosion engineering, 3. ed., International ed. in McGraw-Hill series in materials science and engineering. New York: McGraw-Hill, 1987.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.