Study Eksperimental Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Metode Mekanis Apung Menggunakan Sistem Transmisi Sproket dan Variasi Panjang Lengan

Yoga Pamungkas, Miftahul Ulum, Ardi Noerpamoengkas

Abstract

Bahan bakar minyak merupakan sumber energi utama yang ada di Indonesia dan harga minyak cenderung mengalami kenaikan pada tiap – tiap tahunnya. Pada penelitian ini memanfaatkan energi gelombang laut ssebagai gantinya. Maka pada penelitian ini dilakukanlah penelitian Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTGL) metode mekanis apung menggunakan sistem transmisi sprocket dengan memvariasikan ukuran panjang lengan pelampung. Panjang lengan pelampung ini sebagai salah satu bagian untuk menggerakkan mekanisme dari PLTGL ini, yang mana variasi panjang lengan tersebut mempunyai ukuran antara lain 37, 42, 47.5 Cm. pada penelitian ini di mulai dengan proses membangun prototype PLTGL mekanis apung dengan sistem transmisi sprocket. Setelah sudah di nyatakan mekanisme PLTGL siap untuk di uji coba maka dilaksanakanlah pengujian PLTGL. Pengujian di lakukan pada kolam simulator, yang mana kolam tersebut dapat membuat suatu gelombang air menyerupai gelombang laut. Untuk memaksimalkan pengujian maka di gunakan berbagai fr kuensi antara lain 0.8, 1, 1.4 Hz. dan didapatkan hasil dari pengujian bahwa panjang lengan dan frekuensi sangat berpengaruh pada daya yang di hasilkan PLTGL. Voltage terbesar yang di peroleh pada pengujian PLTGL jenis ini adalah pada panjang lengan 47.5 cm dan frekuensi 1.4 Hz yaitu 0.0737 Volt.

Keywords

Frekuensi gelombang, Gelombang laut, PLTGL, Transmisi sprocket.

Full Text:

PDF

References

M. P. Kazmierkowski and M. Jasi, “Power Electronics for Renewable Sea Wave Energy,” Int. Conf. Optim. Electr. Electron. Equip., pp. 4–9, 2010.

X. Niu, “Modeling and Design Analysis of a Permanent Magnet Linear Synchronous Generator,” pp. 1–47, 2013.

L. Hai, R. Waters, M. Leijon, E. Lejerskog, and C. Bostr, “Experimental results on power absorption from a wave energy converter at the Lysekil wave energy research site,” vol. 77, 2015.

A. Noerpamoengkas, H. L. Guntur, and Zamrisyaf, “Modelling Flat Pendulum And Simulating Its Validation At The Pendulum-Flat Pontoon Model Sea Wave Electric Generator Application,” J. IPTEK, vol. 17, no. 1, pp. 10–22, 2013.

A. Noerpamoengkas and M. Ulum, “Pemodelan Pengaruh Frekuensi dan Amplitudo Eksitasi terhadap Respon Gerak dan Daya Mekanis Pendulum Vertikal pada Konverter Energi Gelombang Laut,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III, 2015, pp. 201–210.

A. Noerpamoengkas and M. Ulum, “PEMODELAN GERAK PENDULUM VERTIKAL PADA KONVERTER ENERGI GELOMBANG BERINERSIA TAMBAHAN SAAT RESONANSI,” J. IPTEK, vol. 21, no. 1, p. 61, May 2017.

M. Ulum, “Analysis on Electrical Energy from Cylindrical-Buoy-Type Sea Wave Power Plant Model,” in The 7th Annual Basic Science International Conference, 2017, pp. 1–4.

M. Ulum, “Studi Experimental Energi Bangkitan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Model Pelampung Silinder,” IPTEK, vol. 22, pp. 29–36, 2018.

S. Octavia and W. Hendrowati, “Pemodelan dan Analisa Energi Listrik Yang Gelombang Air ( PLTG-AIR ) Tipe Pelampung Silinder Dengan Cantilever Piezoelectric,” vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2015.

G. Setyono and M. Ulum, “Variasi Putaran Turbin terhadap Performa Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Air Menggunakan Oscillating Water Column ( Variation of Turbine Rotation on the Performance of a Water Wave Power Plant Using an Oscillating Water Column ),” pp. 58–60.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.