Analisis Strategi Pengembangan Usaha Jasa Bigday Organizer Menggunakan Metode BMC (Bussiness Model Canvas) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)
Abstract
Adanya perkembangan dan persaingan bisnis membuat pelaku usaha harus memikirkan cara agar bisnis yang dijalankan tetap bisa berjalan dan berkembang. Pelaku bisnis memerlukan inovasi dan kreatifitas sehingga mampu mempunyai strategi yang tepat menjadikan kegiatan pemasaran semakin meluas. Bigday Organizer sebagai salah satu usaha di bidang jasa perencanaan acara pernikahan tengah menghadapi ketatnya persaingan usaha dengan adanya kompetitor baru yang kemunculannya semakin marak. Penelitian ini bertujuan merancang model bisnis pengembangan usaha dan menentukan strategi yang tepat untuk diimplementasikan sebagai upaya peningkatan keunggulan dan penjualan produk jasa Bigday Organizer. Penelitian ini menggunakan metode BMC (Bussiness Model Canvas) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mendukung pencapaian tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi terpilih berdasarkan nilai TAS (Total Attractiveness Score) terbesar dengan nilai 5.4 adalah strategi S1; O1 yaitu strategi Memperbanyak promosi konsultasi gratis dan bekerjasama dengan pihak gedung atau rumah makan. Penerapan strategi terpilih diharapkan mampu meningkatkan keunggulan bersaing dan tingkat penjualan usaha sesuai target yang ditetapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. Prayudi and R. Yulistria, “Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi,” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, vol. 9, no. 2, p. 225, Apr. 2020, doi: 10.30588/jmp.v9i2.516.
R. Sinaga and R. Ramadhana Sembiring, “Analisis Peluang Usaha Wedding Organizer Pada Kaum Millennial,” Journal of Millennial Community, vol. 3, no. 2, pp. 107–113, 2021, [Online]. Available: http://journal.unimed.ac.id/index.php/jce
A. Payne, “Pemasaran jasa / Andrian Payne; diterjemahkan oleh Fandy Tjiptono,” 2000.
Larisang and I. Kamil, “ANALISA STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PERUSAHAAN EXPEDISI PADA PT. UWAIS GLOBAL LOGISTIK MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM,” 2021.
M. Mulyana, “Peran Pemasaran dalam Masyarakat dan Perusahaan,” 2019.
S. Basu and M. B. A. Dharmmesta, “Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat.”
A. Siswanto et al., “Strategi Bisnis Garam menggunakan SWOT-BMC,” Jurnal Manajemen Teknologi dan Teknik Industri, vol. 5, no. 2, pp. 80–91, 2023, doi: 10.30737/jurmatis.v5i2.4206.
N. A. Wulandari, “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA CV VANANA JAYA SINERGI MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC), SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Skripsi) Oleh NADIA AYU WULANDARI,” 2022.
R. Nurrochmad Ismail et al., “Strategi Bisnis Untuk Mengembangkan Produk Kemasan Kertas Carton Box Dan Single Face Sebagai Produk Unggulan Pt. Xyz Menggunakan Bmc, Analisis Swot Dan Qspm,” 2023.
W. Setyo, B. Handriyanto, T. Arfianto, N. Wahyuningtias, N. L. P. Hariastuti, and D. Daryanto, “Perbaikan Proses Bisnis Keripik Pisang menggunakan Lean Business Model Canvas 1di PT. Dwihanz Sinergi Utama Sidoarjo,” JURMATIS (Jurnal Manajemen Teknologi dan Teknik Industri), vol. 6, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.30737/jurmatis.v6i1.5195.
M. M. Yudha, I. Mariam, E. Rosalina, J. A. Niaga, and P. N. Jakarta, “ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS,” Bisnis dan Keuangan TRANSEKONOMIKA | VOLUME, vol. 3, no. 2, 2023, [Online]. Available: https://transpublika.co.id/ojs/index.php/Transekonomika
A. E. Munthafa and H. Mubarok, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MAHASISWA BERPRESTASI,” vol. 3, no. 2, 2017.
M. Mudhofar, N. Luh, and P. Hariastuti, “Penentuan Strategi Pengembangan Usaha Olahan Ikan Bandeng Melalui Penerapan Metode SWOT dan Fuzzy AHP.” Journal Of Industrial View. 2024
Refbacks
- There are currently no refbacks.