ANALISA KEPUASAN PELANGGAN PADA MINIMARKET XYZ DENGAN METODE COSTUMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)
Abstract
Pelayanan adalah suatu tindakan atau cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang 
menjadi kebutuhan dan keinginannya. Berbagai jenis pelayanan yang didapatkan oleh pelanggan 
selama menggunakan pelayanan tersebut dapat menentukan kepuasan pelanggan. Tujuan 
penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang 
diberikan Minimarket XYZ. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari penyebaran kuesioner yang 
mengacu pada 5 dimensi kualitas jasa yang terdiri dari 23 atribut. Data kuesioner berdasarkan 
skala likert diolah dengan menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI) untuk 
mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan metode Importance Performance Analysis (IPA) 
untuk mengetahui kesesuaian antara tingkat kinerja pelayanan yang diberikan dengan tingkat 
kepentingan pelanggan. Dari hasil penelitian didapatkan nilai CSI sebesar 0,708 yang 
menunjukkan pelanggan merasa puas atas kualitas pelayanan Minimarket XYZ. Sedangkan 
untuk analisa IPA terdapat 3 atribut yang termasuk dalam kategori perbaikan yaitu kondisi toko 
dalam keadaan bersih, penataan barangnya rapi dan harga barang yang tercantum di rak barang 
sesuai dengan harga di kasir
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B. Anindita, “Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Tembalang Dari Dimensi Pelayanan (Studi Kasus Pada Alfamart Jl. Ngesrep Timur V / 69, Kota Semarang),” 2012.
P. Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia., 2012.
Perdana, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Suplemen Double X Pada PT. Amway Indonesia (Studi Kasus Adc Bogor).,” 2011.
A. Hasan, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Media Pressindo, 2013.
Suparto; Noviani, “Penenetuan Variabel-Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Sebuah Mal Di Surabaya (Studi Kasus: Plaza Tunjungan, Delta Plaza, Galaxy Mal ),” pp. 213–223, 2014.
A. Suhendra and D. W. I. Prasetyanto, “Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance Performance Analysis,” Jurnal Online Insitut Teknologi Nasional, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2016.
L. Aritonang, Kepuasan Pelanggan. Pengukuran dan Penganalisian Dengan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
	
