Implementasi algoritma Apriori untuk Penentuan Weekend Product Promotion pada Minimarket “XYZ”

Ruli Utami, Suryo Atmojo

Abstract


Bisnis ritel merupakan industri berpotensi besar di Indonesia, bentuk ritel yang banyak bermunculan adalah Minimarket. Banyaknya ritel sejenis mengakibatkan persaingan yang sangat ketat, dalam kondisi seperti ini para pengusaha ritel harus mempertimbangkan berbagai cara agar dapat bertahan dalam persaingan. Salah satu strategi yang banyak diterapkan oleh minimarket atau hypermart saat ini adalah promo akhir pekan(weekend product promotion). Dengan implementasi algoritma Apriori untuk mengelompokkan kombinasi hubungan antar produk dari data transaksi harian ritel tersebut. Dari hasil analisa dengan algoritma apriori dapat disimpulkan bahwa ada 2 (dua) aturan asosiasi yang memenuhi syarat minimum confidence sesuai aturan asosiasi dengan nilai confidence lebih dari sama dengan 75%, yaitu aturan asosiasi nomor 7 (tujuh) dan nomor 10 (sepuluh). Aturan asosiasi nomor 7 menunjukkan bahwa jika konsumen membeli produk F, maka kemungkinan untuk membeli produk J adalah adalah 75%, dan aturan asosiasi nomor 10 menunjukkan bahwa jika konsumen membeli produk B, maka kemungkinan untuk membeli produk J adalah adalah 80%. Sehingga manajemen minimarkat dapat mengatur startegi pemasaran dengan menawarkan promo paket yang berisi dua jenis produk sesuai hasil pembahasan di atas untuk weekend promotion untuk menigkatkan penjualan produk pada minimarket tersebut.

Keywords


Algoritma apriori; Strategi Pemasaran; Promosi Produk

Full Text:

PDF

References


R. Arifianti et al., “Retail Mix Analysis From Consumer Perspective: Study On Threeminimarkets In Bandung City,” AdBispreneur., vol. 3, no. 2, p. 111, Agust. 2018.

L. P. Abdi et al., “Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Elektronik (Studi Kasus Di Pt. Electrolux Surabaya),” Jurnal Administrasi Bisnis., vol. 67, no. 1, p. 62, Peb. 2019.

I. A. Shandy, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Lulumart Di Kota Samarinda,” eJournal Ilmu Administrasi Bisnis., vol. 3, no. 1, p. 174, 2015.

A. S. Ningsih et al., “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Strategi Pemasaran Bisnis Produk Di Kota Kendari (Studi Kasus : Pt. Indomarco),” semanTIK, vol. 3, no. 1, p. 209, Jan-Jun. 2017.

H. Marpaung, Pengantar Perusahaan. Bandung: Alfabeta 2016.

A. A. Prakoso et al., “Penerapan Data Mining Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Produk Motor Yamaha,” Journal of Information System, vol. 2, no. 1, p. 28, Mei. 2017.

E. Turban et al, Decision Support Systems and Intelligent Systems Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Yogyakarta: Andi 2005.

G. gunadi et al., “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth (Fp-Growth) : Studi Kasus Percetakan Pt. Gramedia,” Jurnal Telematika MKOM, vol. 4, no. 1, p. 118, Maret. 2012.

M. Sholik et al., “Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas,” Techno.COM, vol. 17, no. 2, p. 158, Mei. 2018.

A. A. C. Putra et al., “Implementasi Metode Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promo Barang,” CSRID Journal, vol. 10, no. 2, p. 93, Juni. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.