Penerapan Pemasaran Digital Melalui Sosial Media dan Marketplace Dalam Membantu Peningkatan Penjualan di CV. RESTU IBU Gresik

Shah Khadafi, Choirul Anam, Brina Oktafiana, Ahmad Qolbin Salim

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah penggerak roda ekonomi di negara Indonesia, keberadaannya sangat membantu negara dalam membantu permasalahan kemiskinan dan pengangguran. Ketika tragedy Covid-19 pada awal tahun 2020 sangat menurunkan pendapatan ekonomi terutama pelaku UKM, banyak yang tutup, rugi, memberhentikan sebagian karyawannya dan paling parah sampai berhenti beroperasi. Salah satu UKM furnitur adalah CV Restu Ibu yang berada di kota Gresik juga merasakan dan mengalami kejadian dampak dari Covid-19, dimana beberapa karyawannya diberhentikan dan berhenti produksi. Akibatnya omset penjualan berkurang drastis dan pesanan menjadi sepi. Pemerintah Indonesia melalui melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) mengadakan program hibah bersaing Abdimas. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) selaku Perguruan Tinggi swasta di Surabaya, melakukan kegiatan Abdimas yang didanai oleh Ditjen Diktiristek. Kegiatan Abdimas yang dilakukan oleh Dosen-dosen ITATS ini bertujuan membantu mempromosikan produk-produk CV Restu Ibu yaitu furniture, maupun kitchen set melalui teknologi informasi. Pembuatan akun CV Restu ibu pada sosial media seperi Instagram, Facebook,dan Twitter memudahkan pemilik usaha dalam mempromosikan dan menjual produknya. Pembuatan akun toko online Shopee dan Tokopedia memudahkan untuk melakukan promosi dan mengenalkan ke khalayak luas.

Keywords

UKM furniture, media sosial, market place, CV Restu Ibu, Gresik

Full Text:

PDF

References

C. Anam, A. Nur Rochman, A. Fauzi, A. Nindyapuspa, and S. Khadafi, “Perancangan Desain Logo ‘R3-Viora’ sebagai Identitas Baru UKM Viora Collection, Tanggulangin, Sidoarjo,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 1, p. 50, 2019, doi: 10.33366/jast.v3i1.1287.

P. Gresik, “Data UMKM Gresik,” Gresik, 2023. https://gresikkab.go.id/dokumen/umkm#

C. Anam, S. Khadafi, B. Oktafiana, and W. Y. Aditya, “Perancangan Desain Produk Furnitur Sederhana dengan Konsep Mix Material sebagai Inovasi Baru dalam Meningkatkan Produksi Mitra UMKM,” J. Adipati, vol. 02, no. 02, pp. 100–105, 2023.

H. Havifa, A. E. Zahara, and M. Ismail, “Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Umkm di Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” Al Itmamiy J. …, vol. 07, pp. 22–28, 2022, [Online]. Available: https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/AI/article/view/45

S. Khadafi and C. Anam, “Perancangan Website Dan Akun Sosial Media Untuk Ukm Reviora Tanggulangin Sidoarjo Guna Menghadapi Era Industri 4.0,” Pros. Semin. Nas. Pelaks. Pengabdi. Masy., no. September, pp. 13–19, 2019.

E. Reky and S. Khadafi, “DIGITALISASI SISTEM INVENTORY DAN SISTEM BARCODE UNTUK MEMINIMALISIR KESALAHAN ENTRY DATA PADA PT,” J. Integer, vol. 08, no. 01, pp. 60–69, 2023, doi: https://doi.org/10.31284/j.integer.2023.v8i1.4406.

S. Khadafi, A. Salim, R. Prabowo, and A. Choirul, “Rancang Bangun Website UKM Reviora Tanggulangin Sidoarjo Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Pemasaran Online,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. VII 2019, pp. 705–710, 2019.

S. Priambada, “Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm),” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., no. November, pp. 2–3, 2015.

P. Trulline, “Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce,” J. Manaj. Komun., vol. 5, no. 2, p. 259, 2021, doi: 10.24198/jmk.v5i2.32746.

M. A. Rizaty, “Pengguna Instagram di RI Capai 106,72 Juta hingga Februari 2023,” DataIndonesia.id, 2023. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-di-ri-capai-10672-juta-hingga-februari-2023 (accessed Oct. 07, 2023).

R. Mustajab, “Pengguna Facebook RI Naik Jadi 205,4 Juta pada Agustus 2023,” DataIndonesia.id2, 2023. facebook-ri-naik-jadi-2054-juta-pada-agustus-2023 (accessed Oct. 07, 2023).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.