ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP SALAH SATU CUSHION TERLARIS DI SURABAYA DENGAN METODE KANO

Dela Putri Wibowo, Desrina Yusi Irawati, David Andrian, Agrienta Bellanov

Abstract

Penampilan tidak hanya terkait pakaian atau gaya rambut, tetapi juga riasan wajah. Untuk mendukung penampilan wajah diperlukan kosmetik. Kosmetik dapat berupa makeup, contohnya seperti foundation, cushion, blush on, dan sebagainya. Salah satu makeup yang saat banyak digunakan wanita Indonesia adalah cushion. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis kepuasan konsumen adalah metode KANO. Dengan menggunakan metode KANO, perusahaan dapat memprioritaskan pengembangan produk berdasarkan jenis atribut yang paling penting bagi pelanggan. Aturan kuesioner KANO terdiri dari functional question dan dysfunctional question. Tujuan penelitian untuk menganalisis cushion secara kualitas berdasarkan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cushion X masuk dalam kategori Must Be dan Indefferent. Atribut yang masuk pada kategori Must Be adalah atribut X1, X2, X3, X7, dan X8. Atribut tersebut harus dipertahankan agar pengguna merasa puas dan menggunakan chusion X kembali. Atribut yang masuk kategori Indefferent adalah atribut X4, X5, X6, X9, dan X10. Sedangkan kategori yang tidak bisa diabaikan masuk pada kategori Indefferent dengan nilai worse tertinggi yaitu X6 dan X7. Tindakan yang perlu dilakukan oleh perusahaan adalah mempertahakankan kategori Must Be dan mengiformasikan kembali kategori yang masuk pada Indefferent terhadap produk kompetitor.

Keywords

cushion; kualitas; KANO

Full Text:

PDF

References

N. Adisty and L. M. Adistiya, “Tumbuh Pesat, Pemakaian Produk Kecantikan Di Indonesia Kian Meningkat,” May 15, 2022. [Online]. Available: https://goodstats.id/article/menilik-meningkatnya-konsumsi-produk-kecantikan-di-indonesia-LcQed

A. Marici, “Survei Menunjukkan 90% Perempuan Indonesia Pilih Brand Makeup Lokal,” Fimela Reporter, Jakarta, Oct. 31, 2022. [Online]. Available: https://www.fimela.com/beauty/read/5059290/survei-menunjukkan-90-perempuan-indonesia-pilih-brand-makeup-lokal

D. Damayanti, “Cintai Produk Sendiri, Ini 6 Kelebihan Makeup Brand Lokal,” idn.times, 2018. https://www.idntimes.com/life/women/daysdesy/kelebihan-makeup-lokal-c1c2?page=all

A. Wulan, “Ketahui Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Produk Makeup yang Tahan 24 Jam,” Fimela Reporter, 2019. https://www.fimela.com/beauty/read/4062157/ketahui-kekurangan-dan-kelebihan-menggunakan-produk-makeup-yang-tahan-24-jam?page=3

A. Sutoni and P. Ramadian, “Analisis Kepuasan Konsumen dan Pengembangan Produk Menggunakan Metode Kano dan House Of Quality,” Semin. dan Konf. Nas. IDEC, pp. 21–30, 2019, [Online]. Available: https://idec.ft.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/ID016.pdf

I. Kartono, “Jurnal Tugas Akhir Faktor-Faktor yang Memegaruhi Penggunaan Make-up pada Perempuan Emerging Adult,” J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2014.

S. R. I. M. Listianti, “( Studi Kasus tentang Penggunaan Make Up pada Sales Promotion Girl di Kota Surakarta ),” 2013.

D. Alfianti, “Ladies, Ini Manfaat Penggunaan Cushion yang Harus Anda Tahu,” BUMN, 2023. https://www.kftd.co.id/News.html/Newsladies-ini-manfaat-penggunaan-cushion-yang-harus-anda-tahu#:~:text=Penggunaan cushion dapat membantu menjaga,riasan wajah yang Anda aplikasikan.

A. Mustakim and S. K. Anggraeni, “Analisis Kualitas Layanan Dengan Metode KANO Berdasarkan Dimensi SERVQUAL Pada PT . AKR,” 2011.

M. Lukman and W. Wulandari, “Peningkatan Kualitas Produk Cokelat Dengan Integrasi Metode Kano Dan QFD,” J. Tek. Ind., vol. 19, no. 2, pp. 190–204, 2018, doi: 10.22219/jtiumm.vol19.no2.190-204.

M. Maulidina, “Analisis Preferensi Konsumen Terhadap,” J. Ilm., vol. XV, no. 3, pp. 330–342, 2021.

F. S. Lubis and A. S. Wahyuni, “Analisis Kualitas Pelayanan UPTD Puskesmas Sipayung Rengat Menggunakan Metode Kano,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun. dan Ind., no. November, pp. 254–261, 2021.

A. A. Purwati and S. S. Sitompul, “Aplikasi Model Kano Dalam Pengukuran Kualitas Perguruan Tinggi Swasta Kota Pekanbaru Berdasarkan Perspektif Mahasiswa,” J. Ilm. Cano Ekon., vol. 6, no. 2, pp. 93–100, 2017.

A. Yustitia, “Atribut Kepuasan Konsumen Produk Minuman Ringan Coca Cola Di Kota Bandarlampung,” vol. 14, no. 1, pp. 1–23, 2016.

S. S. Nurrohmi and M. F. Octaverina Kecvara Pritasari, S.Pd., “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Masker Moringa Oilefera ‘Niza,’” E-Jurnal, vol. 09, no. 2, pp. 473–479, 2020, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/34626

M. I. Setiawan and N. Magetan, “PEMBELIAN HELM MEREK INK JENIS OPEN FACE,” pp. 1–20.

A. Octa, “Strategi Pemasaran,” 2019. https://distribusipemasaran.com/strategi-pemasaran-pengertian-atribut-produk-jenis-fungsi/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.