Studi Pengaruh Korosi Terhadap Kapasitas Tarik Besi Tulangan

Mochammad Rizky Kurniawan, Dewi Pertiwi, Heri Istiono, Jaka Propika, Indra Komara

Abstract

Korosi yang terjadi pada tulangan baja akibat terpapar klorida dianggap sebagai penyebab utama kerusakan struktur beton bertulang. Kontak langsung dengan pengaruh lingkungan dapat mengakibatkan terjadinya reaksi oksidasi yang mengakibatkan korosi. Metode kehilangan berat digunakan dalam perhitungan laju korosi dengan menggunakan variable waktu perendaman sehingga mendapatkan hasil berupa jumlah atau berat kehilangan akibat laju korosi yang terjadi. Terjadinya peningkatan berat hilang dan laju korosi yang terjadi seiring dengan lama waktu pada saat perendaman besi tulangan. Tetapi pada pengujian tarik, besi tulangan mengalami penurunan pada kuat tarik dan regangan yang terjadi dimana terpengaruh oleh besar dari laju korosi dan lama waktu perendaman besi tulangan. Berdasarkan pengujian didapatkan nilai berat hilang dan laju korosi terkecil dialami besi S10 dengan waktu 1 hari yaitu 2 gram 3,4389 Mpy , untuk yang terbesar S16 dengan waktu 2 minggu yaitu 109 gram 13,3873 Mpy. Sedangkan dari uji tarik didapatkan prosentase penurunan terkecil dan terbesar dialami oleh besi S13 dengan prosentase 2,35% pada 24 jam, dan 22,97% pada 336 jam. Penurunan elongitas terbesar dialami oleh besi S13 dengan nilai 4,67%.

Keywords

Korosi, Laju Korosi Besi Tulangan, Kuat Tarik

Full Text:

PDF

References

Darmawan M. S., Ridho Bayuaji., Nur Achmad H. 2013. Pengaruh Korosi Pada Beton Bertulang. ITS Press. Jawa Timur: Surabaya.

Afandi Yudha K., Arief Irfan S., Amiadji. 2015. Analisa Lau Korosi pada Pelat Baja Karbon Dengan Variasi Ketebalan Coating. Jurnal Teknik ITS Vol. 4, No. 1. Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Pratama Muhammad A., 2019. Studi Eksperimen Ketahanan Korosi, Keausan dan Kekerasan Material Baja Paduan SS316 Sebagai Bahan Sterntube Seal Liners pada Kapal. Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro. KAPAL, Vol. 16, No. 1. 2019.

Moller H., Boshoff E. T., Froneman H. 2006. The Corrosion Behavior of Carbon Steel in Natural and Synthetic Seawaters. Journal – Southh African Institute of Mining and Metallurgy. https://www.researchgate.net/publication/279574256_The_corrosion_behaviour_of_a_low_carbon_steel_in_natural_and_synthetic_seawaters.

Douglas C., Giancoli, 2000. Physics for Scientists and Engineers 3rd Edition. Upper Saddler River, New Jersey, Amerika Serikat : Prentice Hall. 2000. ISBN 0130290955, ISBN 9780130290953.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.