PENGARUH EFEK SKALA PADA UJI UCS DALAM MENENTUKAN KESTABILAN PILAR

Yudho Dwi Galih Cahyono, Lakon Utamakno, Hendra Bahar, Heni Siska Wiyanti

Abstract

Kegiatan penambangan dengan metode room and pillar menjadikan pilar sebagai penyangga. Dalam menentukan kondisi pilar yang aman maka diperlukan perihutungan yang tepat. Salah satu metode penentuan kondisi pilar yang aman maka digunakan perihitungan dari uji Uniaxial Compressive Strength (UCS)  dengan berbagai ukuran contoh. Kemudian dari hasil uji UCS dilakukan analisis kestabilan pilar untuk mendapatkan Faktor Feamanan (FK) yang stabil dengan metode Probabilitas Kemantapan (PK). Hasil perhitungan kemantapan pilar adalah untuk ukuran contoh 42 mm, probabilitas kemantapan sebesar 86 % mantap dan 11 % tidak mantap kemudian ukuran contoh 65 mm probabilitas kemantapan 76 % mantap dan 24. Sedangkan untuk ukuran contoh 95 mm probabilitas kemantapan adalah 68% mantap dan 32 % tidak mantap. Faktor yang berpengaruh dalam penilaian Probabilitas Kemantapan (PK) pada pilar  sama dengan penilaian Faktor Keamanan (FK) adalah dimensi pilar, distribusi tegangan, kekuatan pilar dan kehadiran bidang diskontinu.

Keywords

Pilar; Probabilitas kemantapan; UCS

Full Text:

PDF

References

Brown, E. T. 1981., Rock characterization testing and monitoring. ISRM suggested method, Oxford, Pergamon.page 111-113.

Hoek, E., Brown, E.T, 1980., Empirical strength criterion for rock masses, J. Institution of Mining ad Metalurgy, page: 527

Hustrulid, W.A. 1976., A Review of Coal Pillar Strength Formulas. Rock Mechanics and Rock Engineering 8(2), page.115-145

ISRM., 2015., The ISRM Suggested Methods for Rock Characterization Testing and Monittoring:2007-2014.page. 115.Springer.

Rai, Made Astawa. Kramadibrata, Suseno. And Wattimena, Ridho Kresna. 2013. ”Mekanika Batuan”.Bandung.page. 256-288.ITB.

Center for History and New Media, “Zotero Quick Start Guide.” [Online]. Available: http://zotero.org/support/quick_start_guide.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.