PEMANFAATAN KANTONG SEMEN SEBAGAI SEPATU KASUAL PRIA

Iwan Nur Dian Syah, Junaidi Hidayat, Choirul Anam

Abstract

Permintaan pembangunan infrastruktur selalu bertambah setiap tahunnya yang menghasilkan sampah dari proses pembangunan berupa kantong semen. Beberapa, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan peneliti mengolah kantong semen menjadi produk bernilai jual tinggi, seperti tas, dompet dan furnitur. Pada industri sepatu mengalami peningkatan permintaan setiap tahun. Peningkatan permintaan pada industri sepatu  tidak diiringi dengan peningkatan produksi industri kulit dalam negeri, sehingga produsen sepatu mengimpor kulit dari luar negeri. Melihat pengolahan kantong semen yang terbatas produk tertentu, pada penelitian ini kantong semen dimanfaatkan sebagai sepatu kasual pria. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Metode ini digunakan untuk mengetahui karakteristik kantong semen untuk dibuat sepatu kasual pria. Eksperimen yang dilakukan berupa eksperimen pewarnaan, pengeringan, pembentukan, penganyaman, perekatan, dan pelapis anti air. Sintesis eksperimen berupa pewarnaan menggunakan pewarna kertas, pengeringan dengan sinar matahari, pembentukan dengan dipilin, penganyaman dengan anyaman lilit, perekatan kain blacu dengan lem grafted polychlorophene adhesive dan pelapis anti air menggunakan cat semprot. Hasil dari penelitian ini adalah produk sepatu kasual pria, dengan konsep casual – product recycle, yang berarti desain sederhana berbahan dasar kantong semen.

Kata kunci: Eksperimen, Kantong Semen, Sepatu

Full Text:

PDF

References

Kumparan, “Terbesar ke-5 di Dunia, Industri Alas Kaki RI Kekurangan Bahan Baku.” [Online]. Available: https://kumparan.com/edy-sofyan/terbesar-ke-5-di-dunia-industri-alaskaki-ri-kekurangan-bahan-baku. [Accessed: 20-Okt-2017].

Anthony dkk., Perancangan Model Bisnis Interchangable Women Footwear Dovetail.Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2017.

Rina Masriani, dkk. “Kajian Kertas Kraft untuk Kantong Semen sebagai acuanPemberlakuan Regulasi Teknik dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”, Prosiding Seminar Teknologi Pulp dan Kertas, 77-85, 2014.

Kompas, “Olah Kertas Semen Bekas, Ermien Raup Jutaan Rupiah.” [Online]. Available:http://regional.kompas.com/read/2016/09/14/07000461/olah.kertas.semen.ermien raup.jutaan.rupiah. [Accessed: 15-Okt-2017].

Oentoro, Kristian dan Elsafany, Bernike, “Pengembangan Desain Furnitur Anak Berbahan Kertas Semen Bekas dengan Teknik Laminasi dan Spiral Wound Tubing”, Idealog, vol.1, no. 2, p. 98, 2016.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 4, 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.