PEMANFAATAN MARKETING TOOLS DALAM PEMASARAN PRODUK UKM SEPATU KULIT DI DESA SERUNI SIDOARJO
Abstract
Desa Seruni Kecamatan Gedangan adalah salah satu wilayah yang memiliki sentra industri sepatu terbesar di Sidoarjo. Di Desa Seruni, terdapat lebih dari 25 pengusaha sepatu rumahan dan telah memasarkan produknya hingga ke luar Kabupaten Sidoarjo. Produk sepatu yang dihasilkan merupakan produk unggulan dan sudah diakui oleh Pemerintah Pusat. Namun industri sepatu Desa Seruni kurang begitu dikenal jika dibandingkan dengan produk sepatu dari wilayah Wedoro dan Tanggulangin, hal ini dikarenakan masih kurangnya pengelolaan produk sehingga kalah dengan desa lain. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemasaran dari mitra sepatu kulit dengan cara mengajarkan mitra membuat diferensiasi produk sepatu kulit; memberikan pelatihan dan workshop desain kemasan produk untuk menjadikan kemasan yang lebih bagus dan memiliki brand tersendiri; mitra memiliki marketing tools (katalog produk, brosur dan kartu nama) untuk menunjang pemasarannya. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan workshop serta pendampingan terhadap kedua mitra sepatu. Pendampingan yang dilakukan adalah pada setiap akhir bulan tim melakukan evaluasi terhadap mitra tentang hasil pelatihan dan workshop yang telah dilakukan sampai mitra benar-benar bisa mengaplikasikan seluruh hasil pelatihan dan workshop dengan baik.
Keywords
marketing tools; pemasaran; produksi; sepatu kulit
Full Text:
PDFReferences
Hidayat, Rendy Ridwan dan Andar Bagus Sriwarno 2015, Brand Development Strategy Of Micro Scale Shoe Industries Based On Augmented Reality For Smartphone Application. Jurnal Sosioteknologi Volume 14, Nomor 1, April 2015
Lion Magazine, 2013
http://beritajatim.com
http://pariwisata.sidoarjokab.go.id/wisata.php, diakses April 2017
http://www.ukmsidoarjo.com, diakses April 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.