PENGARUH TRACKER PADA KOLEKTOR PELAT GELOMBANG TERHADAP EFISIENSI SOLAR WATER HEATER

Putro adi luhung, Mustafa Mustafa, Sudarno Sudarno

Abstract

Prinsip  kerja kolektor surya adalah memindahkan radiasi matahari ke fluida kerja. Radiasi matahari yang jatuh pada cover  kaca di teruskan pada kaca satu, sebagian di pantulkan pada kaca dua kemudian di serap pada pelat penyerap yang akan di gunakan untuk memanaskan fluida kerja (air) yang terletak di bawah dari kaca pemantul. Dalam pengujian kolektor menngunakan tracker, alat yang digunakan untuk mengikuti arah gerak matahari dikenal sebagai solar tracker. Arah gerak matahari tersebut dapat diikuti dengan mengindera perubahan arah cahaya yang di pancarannya.Tujuan penelitian menghitung efisiensi kolektor dengan tracker dan tanpa tracker dengan laju aliran 0,01 liter/detik, 0,02 liter/detik, 0,03 liter/detik. Hasil pengujian dengan menggunakan tracker lebih effisien dari pada pengujian tanpa tracker. diperoleh rata rata effisiensi menggunakan tracker dengan laju aliran 0,01 liter detik sebesar 23,47%, sedangkan pengujian tanpa tracker sebesar 17,70 %.

Keywords

pelat penyerap gelombang; tracker; solar water heater

Full Text:

PDF

References

Arismunandar W.,1995,Teknologirekayasasurya,PT.pradnyaparamita.

Anonim.Bab II Landasan Teori Prinsip kerja Kolektor surya pelat penyerap.,Tanggal 16 Mei 2017

Anggraini E. H., 2001, Pegaruh jarak kaca pelat Terhadap Panas yang Diterima Kolektor Surya pelat datar ,Jurnal Teknik Mesin ,Universitas PETRA Surabaya.

Arif, Maftukhil Murot, Agus Suyatno, Naif Fuhaid 2013, Pegaruh Bentuk Dan Luasan terhadap Kinerja Solar Water Heater sederhana, PKM- DIKTI.

Burhannudin.,2006 Karakteristik Kolektor Surya pelat datar dengan variasi kaca penutup dan sudut kemiringan kolektor, Fakultas matematika dan Ilmu pengetahuan alam,Jurusan Fisika,UniversitasSebelas maret Surakarta.

Beizer, 1981, Konsep Fisika Modern Jilid 3 Terjemahan The Houw liong ph.D,penerbit Erlangga ,Jakarta.

Culp,1991,Prinsip – prinsip Konversi Energi, penerbit Erlangga,Jakarta

Duffie,dan Beckman. ,1991 : Solar eginering of Thermal processes, Jhon Willey and Sonc Inc, Wiscosin.

Farid A. dan Ismail N.R.,2006 Pengaruh Jumlah Kaca Penutupdan volume Air Terhadap Kinerja Solar Water Heater Sederhana, PHK-2 Teknik Mesin. Widyagama Malang.

Giancoli, 1998 : Fisika Edisi kelima (Terjemahan Yuhilza Hanum ),Erlangga, Jakarta

Jasjfi, 1995: Perpindahan Kalor ,Erlangga, Jakarta.

Lunde, 1980 Jbbttitbpp-gdl –rahadianef-30387- 2008ta-2.pdf Teori dasar kolektor di akses maret 2017

Mustofa ,2008, Studi Eksperimen Pengaruh pelat penyerap ganda model gelombang dengna penambahan reflector terhadap kinerja solar water heater sederhana,Dosen Teknik Mesin ,Universitas Merdeka Madiun.

Mustofa,Ismail.N.R., 2013 Collectors innovation to increase performance Solar water heater, Internasional Journal of Research in Egginering and Tecnologhy, Volume 02,Issue.09 ,September 2013.

Prijono, 1986, Prinsip prinsip Perpindahan panas, Penerbir Erlangga, Jakarta

Rahadian, 2008 : sistem kolektor pelat datar Jurnal Teknik Mesin Universtas Sumatra Utara.

Sijabat, Andri M. 2014 Rancang Bangun dan analisa Kolektor Surya Tipe Pelat Datar Bersirip Untuk Penghasil Panas Pada Hasil Pertanian dan Perkebunan. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Sumatra Utara, Medan.

Tirtoatmodjo, R ., Ekadewi, A. H,1999: pemanas air kolektor pelat datar Jurnal Teknik Mesin Universitas Kristen petra.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.