ANALISA SEGMENTASI KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

Sulistyowati Sulistyowati

Abstract

Segmentasi konsumen adalah sebuah strategi yang dilakukan dengan membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok konsumen yang berbeda yang memiliki karakteristik, perilaku, atau kebutuhan yang berbeda. Segmentasi konsumen ini penting karena dapat digunakan sebagai data pendukung untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien bagi supervisor marketing dalam kegiatan promosi penjualan produk. Untuk menentukan segmentasi konsumen, dilakukan dengan clustering yaitu dengan cara mengelompokkan data berdasarkan karakterisrik konsumen. Sehingga pada penelitian ini, proses clustering dilakukan dengan cara mengelompokkan data konsumen berdasarkan tiga atribut yaitu, jenis motor,jenis pembelian dan pekerjaan. Data yang digunakan adalah data penjualan sepeda motor pada dealer Honda. Proses pengelompokan konsumen dilakukan dengan menggunakan Algoritma K-Means. Algoritma ini bekerja dengan cara membagi data dalam k cluster. Setiap cluster ditentukan atas kedekatan jarak tiap?tiap data dengan titik tengahnya (mean point). Dari hasil perbandingan aplikasi dengan menggunakan software SPSS diperoleh hasil selisih dari masing-masing cluster dengan jumlah rata-rata 7%. Hal ini disebabkan karena centroid awal yang dipilih secara acak.

Keywords

segmentasi; karakteristik konsumen; k-means clustering

Full Text:

PDF

References

Oscar, Johan Ong.(2013). Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University. Bekasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.12, No.1

Rahayu, Ekawati. (2008). Manajemen Pemasaran Buku Daros. Kudus : STAIN

Pratomo, Suwarsito,dkk (2015). Analisis Regresi Dan Korelasi Antara Pengunjung Dan Pembeli Terhadap Nominal Pembelian Di Indomaret Kedungmundu Semarang Dengan Metodr Kuadrat Terkecil. Semarang : Jurnal Teknik Informatika

Budiman, Irwan. (2012). Data Clustering Menggunakan Metodologi Crisp-DM Untuk Pengenalan Pola Proporsi Pelaksanaan Tridharma. Semarang :Tesis Sistem Informasi

Ardhyanti, Joanna & Kusumawati, Yupie. (2014). Data Mining Dengan Metode Clustering Untuk Pengolahan Informasi Persediaan Obat Pada Puskesmas Pandanaran Semarang. Semarang : Jurnal Sistem Informasi

Agusta, Y. (2007). K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika, Vol. 3: 47-6

Ong, Johan Oscar. (2013). Implementasi Algoritma K Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.12, No.1, ISSN 1412-6869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.