PENGARUH PEREKAT PEMBUATAN BRIKET LIMBAH KAYU SENGON TERHADAP KERAPATAN, KADAR AIR DAN NILAI KALOR

Zainal Arifin, Hantarum Hantarum, Wahidin Nuriana

Abstract

Biobriket merupakan bahan bakar padat yang terbuat dari limbah organik dan dicampur dengan bahan lain kemudian dicetak menggunakan tekanan tertentu sehingga didapatkan bentuk dan karateristik yang di inginkan. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh perekat terhadap kerapatan, kadar air dan nilai kalor pada biobriket arang limbah kayu sengon dengan variasi perekat tapioka, sagu, maizena dan tepung singkong dengan tekanan 115 kg/??2. Hasil penelitian didapatkan densitas tertinggi 0,56 g/??3 pada biobriket arang limbah kayu sengon dengan perekat tepung singkong, nilai kadar air terendah adalah 6,52% pada biobriket limbah kayu sengon dengan perekat maizena dan nilai kalor tertinggi terdapat pada briket limbah kayu sengon perekat maizena sebesar 5,868 cal/gr.

Keywords

briket limbah kayu sengon; perekat tapioka; kerapatan; kadar air ; nilai kalor

Full Text:

PDF

References

[Kemenhut] Kemenhut. 2010. Nomor : P.08/Menhut-li/2010 Tentang Rencana Strategi (Renstra) Kementeria Kehutanan Tahun 2010-2014. Jakarta.

Krisnawati, H., Varis, E., Kallio, M., Kanninen, M. 2011. Paraserienthes Falcataria (L). Nielsen: Ekologi, Sillvikultur dan Produktifitas. Bogor: CIFOR. Indonesia

Lestari L, Aripin, Yanti, Zainuddin, Sukmawati, Marliani. 2010. Analisa Kualitas Briket Arang Tongkol Jagung yang Menggunakan Bahan Perekat Sagu dan Kanji. Jurnal aplikasi fisika Vol. 6, No. 2 Agustus 2010. Kendari: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Haluoleo

Ndraha, N. 2013. Uji Komposisi Bahan Pembuat Briket Bioarang Tempurung Kelapa dan Serbuk Kayu Terhadap Mutu Yang Dihasilkan. Fakultas Pertanian: Departemen Teknologi Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Nuriana Wahidin, Nurfa Anisa, dan Martana, Karakteristik Biobriket Kulit Durian Sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Vol. 23, No. 1, Hal. 70-76 2013. Madiun: Fakultas Teknik Universitas Merdeka Madiun.

Setiyono, 2002. Pembuatan Briket Arang dari Tempurung Kelapa dengan Bahan Pengikat Tetes Tebu dan Tapioka. Jurnal Kimia dan Teknologi. Surabaya: Jurusan Teknik Kimia FakultasTeknologi Industri-UPN Veteran.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.