Analisis Postur Kerja Dengan Metode OWAS Dan REBA Untuk Perbaikan Aspek Ergonomi

Irwanto Hadi Husada, Suparjo Suparjo, Rony Prabowo

Abstract

PT. Biometrik Citra Solusi adalah perusahaan yang menyediakan produk produk absensi seperti mesin absensi dan layanan absensi. Permasalahan awal terjadi karena tingginnya permintaan barang dimana membuat jam kerja staff logistic yang ekstra menjadi banyaknya keluhan pegal dan nyeri ketika melakukan pekerjaan berulang-ulang. Tujuan penelitian ini untuk mengukur postur tubuh yang sering terjadi cedera musculoskeletal disorders melalui perhitungan dengan metode Ovako Working Analysis System (OWAS) dan Rapid Entire Body Assesment (REBA) dan melakukan usulan perbaikan postur tubuh pada pekerja. Di mana dari analisis postur tubuh didapatkan aktivitas packaging tidak mendapatkan perbaikan postur tubuh karena mendapat skor 7 berada pada level sedang pada perhitungan REBA dan masuk kategori 2 pada perhitungan OWAS sedangkan untuk mengangkat barang mendapatkan skor 9 berada pada level tinggi diperhitungan REBA, mendorong barang dan menata produk masuk ke level sangat tinggi pada perhitungan REBA dengan skor 11 dan masuk kategori 3 serta 4 pada perhitungan OWAS. Pada aktivitas mengangkat barang, mendorong barang dan menata produk akan mendapatkan perbaikan postur tubuh dimana akan dibantu dengan adanya fasilitas trolly, setelah adanya perbaikan semua aktivitas berada pada level risiko rendah dan sedang pada perhitungan REBA dan kategori 1 serta 2 pada perhitungan OWAS atau tidak perlu dilakukan perbaikan lagi. Saran yang diberikan kepada perusahaan segera mengadakan fasilitas trolly yang dimana spesifikasi sudah diperhitungkan agar mempermudah aktivitas pekerjaan dan mengurangi cidera atau keluhan yang dirasakan oleh para pekerja

Keywords

Ergonomic, OWAS, REBA.

Full Text:

PDF

References

A. Tjahayuningtyas, “Faktor Yang Mempengaruhi Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Informal,” Indones. J. Occup. Saf. Heal., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2019.

T. P. Yosineba, E. Bahar, and M. R. Adnindya, “Risiko Ergonomi dan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pengrajin Tenun di Palembang,” J. Kedokt. dan Kesehat. Publ. Ilm. Fak. Kedokt. Univ. Sriwij., vol. 7, no. 3, pp. 60–66, 2020.

A. N. Bintang and S. K. Dewi, “Analisa Postur Kerja Menggunakan Metode OWAS dan RULA,” J. Tek. Ind., vol 18, no. 1, pp. 43–54, 2017.

F. Sulaiman and Y. P. Sari, “Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengeasahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode REBA,” J. Optim., vol. 1. no, p. 167, 2015.

D. Mayasari and F. Saftarina, “Ergonomi sebagai Upaya Pencegahan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja,” JK Unila. vol. 1, no. 2, pp 55-62, 2016.

Putri suci Lintangsari, “Designing a Tourism Minibus Driver Chair by Using IDEAS Framework in a Virtual Environment,” J. Res. Technol., vol. 6, no, pp. 237–249, 2020.

R. F. Nur, E. R. Lestari, and S. A. Mustaniroh, “Analisis Postur Kerja pada Stasiun Pemanenan Tebu dengan Metode OWAS dan REBA, Studi Kasus di PG Kebon Agung, Malang,” Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 5, no.1, pp. 67-72, 2016.

M. Wakhid, “Analisis Postur Kerja pada Aktivitas Pengangkutan Buah Kelapa Sawit dengan Menggunakan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA),” Eprint J. Udinus,vol. 1, no. 1, pp. 1-12, 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.