PENGARUH VARIASI SUDUT MASUK TRIM TAB PADA FAST PATROL BOAT 60 METER MENGGUNAKAN PENDEKATAN CFD

Maria Margareta Z. B, Priyagung Harda Rukmono, Minto Basuki

Abstract

Salah satu inovasi pada kapal cepat adalah dengan penambahan Trim tab pada bagian belakang transom kapal. Kegunaan kali ini sebagai alat untuk memperbaiki olah gerak kapal yang terlalu berat di belakang sehingga memiliki kecenderungan trim buritan sehingga berpindahnya titik LCF (Longitudinal Center of Flotation). Pada penelitian ini dilakukan pendekatan dengan CFD (Computational Fluid Dynamic). Dengan membandingkan variasi sudut masuk trim tab dengan variasi kecepatan kapal 16 knot, 17 knot, 8 knot, 19 knot, 20 knot dan pada maksimum speed 25 knots. Sudut masuk pada bidang trim tab adalah 0o, 3 o, 5 o dan 8o,  dengan perbandingan bidang trim tab (Aspek Rasio) AR 3. Hasil penelitian diperoleh dari variasi sudut masuk trim tab dan variasi kecepatan, berpengaruh terhadap besarnya gaya lift dan momen torsi. Besaran momen Torsi berbanding lurus dengan besaran gaya lift (lift force) yang dihasilkan. Semakin besar sudut masuk trim tab, maka semakin besar gaya lift dan momen torsi yang diterima. Pada trim tab dengan sudut masuk 5o dengan kecepatan kapal 18 knot maka terjadi trim kapal sebesar 0.187o. Jika dibandingkan dengan kondisi pada saat kapal berjalan ketika seatrial pada kecepatan 18 knot dengan sudut masuk trim tab 5o, sudut trim yang terjadi adalah 0.159o dengan selisih 0.028 atau sekitar 14,97 %.

Keywords

CFD; Trim Tab; LCF; Gaya Drag; Gaya Lift;

Full Text:

PDF

References

Savitsky, Daniel., Hydrodinamic Design Of Planning Hull (1964).

Agung, Aditya., Perbandingan Variasi Bidang Trim tab Pada Kapal Pilot Boat 15,85 meter dengan mengunakan Pendekatan CFD, Jurnal Teknik ITS Vol. 1, No. 1 (Sept. 2012) ISSN: 2301-9271

Brown, P.W., "An Experimental and Theoretical Study of Planing Surfaces with Trim Flaps",

Davidson Laboratory Report 1463, Stevens Institute of Technology, April (1971).

http://www.fishyforum.com/archive/index.php?t-32096.html, 12-09-2016

The Naval Architect. January, “Trimming the stern flap equation” (2012).

Munson,dkk., Fundamentals of fluid mechanics, Erlangga, Jakarta, 2005.

Ansys (2011) Ansys CFX Introduction & Tutorial Ansys, Inc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.