PREDIKSI PROBABILITAS DECK WETNESS AKIBAT PERUBAHAN MASSA KAPAL MELALUI PENGUJIAN MODEL KAPAL
Abstract
Pertimbangan aspek keamanan dan ekonomi pada Floating Production Unit (FPU) menjadi pertimbangan utama dalam perencanaan dan pengoperasian struktur bangunan lepas pantai suatu anjungan terapung lepas pantai, sehingga kajian aspek seakeeping harus dilakukan secara menyeluruh. Kajian Seakeeping sudah dilakukan menyeluruh di seluruh dunia, terutama dengan menggunakan metode pendekatan matematika. Kajian deck wetness ini dilakukan pada beberapa alternatif desain kapal (bangunan lepas pantai) yang memiliki displacement yang berbeda. Kajian ini ditujukan untuk memperbaiki aspek keamanan bangunan lepas pantai yang dioperasikan pada berbagai kondisi gelombang. Suatu metode pengujian model dilakukan di tangki uji guna menentukan probabilitas kejadian deck wetness. Berdasarkan pada analisis data hasil pemgujian, maka dapat ditentukan probabilitas deck wetness dan dibandingkan dengan kriteria Seakeeping yang berlaku. Diketahui bahwa kejadian deck wetness kapal tersebut masih berada di bawah batas kriteria probabilitas deck wetness.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nielsen, K.B., “Numerical Prediction of Green Water Loads on Ships”, Technical University of Denmark, 2003.
Tan, S.G., “Observations Made on Board Dutch Merchant Ships”, International Ship Building Progress, vol. 16. (181): p. 259-276, 1969.
Ochi M.K., “Extreme Behavior of a Ship in Rough Seas”. Annual Meeting of the Society of Naval Architecs and Marine Engineers, page 143-202, 1964.
Hamoudi, Varyani, “Significant Load and Green Water on Deck of Offshore Units/Vessels”. Ocean Engineering, vol. 25 (8): page 715-731, 1998.
Lloyd, ARJM. “ Seakeeping Ship Behaviour in Rough Weather” , Ellis Horwood Limited, 1989.
Walden D., Grundmann P., ‘Methods for Designing Hull Forms with Reduced Motions and Dry Decks’, Naval Engineer Journal, 1985.
Refbacks
- There are currently no refbacks.