PENJADWALAN RUANG KULIAH MENGGUNAKAN VERTEX GRAPH COLORING DAN SIMULATED ANNEALING

Titus Kristanto, Tutuk Indriyani, Ni’matul Khoiroh

Abstract

Pada perguruan tinggi, penjadwalan kuliah sangat penting dalam proses perkuliahan, karena aktivitas dosen dan mahasiswa tergantung pada jadwal kuliah. Untuk mengatasi masalah, menggunakan Vertex Graph Coloring dan Simulated Annealing. Pada Vertex Graph Coloring, mencari vertex bertetangga dan tidak bertetangga. Sedangkan pada Simulated Annealing, mencari ruang dan bertukar posisi secara acak. Penggabungan Vertex Graph Coloring dan Simulated Annealing bertujuan untuk membuat jadwal kuliah secara optimal dengan melihat hard constraint dan soft constraint. Pengujian dilakukan di Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, dengan membuat jadwal dari manual menjadi komputerisasi, sehingga diharapkan dapat membuat jadwal secara optimal dan mampu menghindari hard constaint dan soft constraint.

Keywords

Penjadwalan Kuliah; Vertex Graph Coloring; Simulated Annealing; Hard Constraint; Soft Constraint;

Full Text:

PDF

References

Dian Ariani. 2011. Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah di Jurusan Teknik Informatika PENS dengan Menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimization. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Yelly Arviani. 2013. Algoritma Ant Colony System Dalam Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Komputer. Universitas Sumatera Utara.

Fang, H. 1994. Genetic Algorithms in Timetabling and Schedulling. Thesis. Edinburg, Scotland: University of Edinburgh.

J.A. Bondy, and Murty U.S.R. 1976. Graph Theory with Applications. North-Holland New York Amsterdam Oxford, Elsevier Science Publishing.

Gary Chartand, and Oellermann Ortrudr. 1993. Applied and Algorithmic Graph Theory. McGraw-Hiill, Inc.

Marek Kubale. 2004. Graph Coloring. AMS Bookstore.

Dimitris Bertsimas, and John Tsitsiklis. 1993. Simulated Annealing. Statictica Science.

Benjamin W. Wan, Yixin Chen, and Tao Wang. 2007. Simulated Annealing with Asymptotic Convergence for Nonlinear Constrained Optimization. Journal of Global Optimization Vol. 39, pp 1-37.

Wiwin Suwarningsih. 2014. Simulation of Object Movement in the Graph for Distribution Optimization Products Inter-City. Journal Scientific of Information Technology Applied, vol. 1 no. 1, pp 6-10.

S. Kirkpatrick, C.D. Gelatt, and M.P. Vecchi. 1983. Optimization by Simulated Annealing. Science New Series, vol. 220, no. 4598, pp. 671-680.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.