PENGARUH PENAMBAHAN NUTRISI RUMEN, UREA & NaOH TERHADAP PERFORMA KOMPOR BIOGAS

Syamsuri Syamsuri, Suheni Suheni, Yustia Wulandari, Aziz Aziz

Abstract

Ketergantungan manusia akan bahan bakar mineral bumi menyebabkan cadangan sumber energy tersebut semakin lama semakin berkurang.Keadaan ini membuat banyak kalangan sadar bahwa ketergantungan terhadap bahan bakar mineral bumi harus segera di kurangi. Untuk itu perlu energy yang tidak mudah habis, salah satu contoh adalah biogas Pada penelitian dengan metode eksperimen kali ini di gunakan variasi nutrisi antara lain, tanpa nutrisi, dengan nutrisi Rumen, dengan nutrisi Urea, dan dengan nutrisi NaOH untuk melihat seberapa cepat produksi biogas yang di hasilkan bila menggunakan nitrisi. Dari penelitian ini didapatkan Daya terbesar adalah dengan campuran NaOH yakni sebesar 1,129 kW, sedangkan efisiensi terbesar dengan campuran NaOH sebesar 54,7% untuk kecepatan produksi biogas tercepat adalah 14 hari yakni dengan nutrisi NaOH.

Keywords

Rumen; Urea; NaOH; Performa kompor biogas;

Full Text:

PDF

References

. Udiharto, M., 1982. Teknologi Penelitian Gas Bio dan Penerapannya

. Veenstra, G. dan Polprasert, C. 1985. Wastewater Treatment. IHE, Delf.

. Siregar, P. 2009. Produksi Biogas Melalui Pemanfaatan Limbah Cair pabrik Kelapa Sawit dengan Digester Anaerob. Jurnal Lingkungan. http://avg.urlseek.vmn.net/search.phplg=en&mkt=en&type=dns&tb=ie&tbn=avg&q=uwityangyoyo%2Ewordpress%2Ecom [April 2009].

. Dwi Setana Wati dan Rukmanasari D.P. 2011. Pembuatan biogas dari limbah cair industri bioetanol melalui proses anaerob (fermentasi), Artikel Ilmiah,Universitas Diponegoro

. Sunar Tejo Tsani .(2015). Pengaruh suhu dan konsentrasi rumen sapi terhadap produksi biogas dari vinasse, Tugas Akhir DIII, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Negeri Semarang.

. Meynell, P.J., 1976, Methane: Planning a Degester. Prism Press, Great Britain

. Harahap, F.M., 1978. Teknologi Gas Bio, Pusat Teknologi Pembangunan ITB, Bandung.

. Aurora, S .P. 1989 . Pencernaan Mikroba Pada Ruminansia Srigondo, B (ed), Gajah Mada University Press.

. Offer, Y. and Robert. 1996. Peran Mikroba Rumen pada Ternak

Ruminansia.http://Jajo66.wordpress.com. Diakses tanggal 06 April 2010.

. Preston and Leng. 1987. Matching Ruminant Produktion Systems With Available Resource in the Tropik and Sub Tropik Penambul Books Armidale. New South Wales, Australia.

. Bhattacharya S.C., Kumar S., Leon M.A. and Khang,A.M. 2003. Design and performance of natural draft gasifier stove for use in institutional and industrial,International Conference. Yogyakarta, Indonesia.

. Andhika prasetya, Denny widhiyanuriyawan dan Sugiarto. 2013. Pengaruh konsentrasi NaOH terhadap kandungan gas CO2 dalam proses purifikasi biogas sistem continue, jurnal mahasiswa mesin Universitas Brawijaya Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.