UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MELALUI ANALISIS JENIS CACAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA PADA PT XYZ
Abstract
PT XYZ merupakan perusahaan manufaktur perhiasan emas terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan besar, PT XYZ sangat berkomitmen dalam menerapkan jaminan kualitas produknya. Berbagai metode produksi dan teknologi yang digunakan dalam produksi semata-mata untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, dengan begitu loyalitas pelanggan dapat terjaga. Pada penelitian ini menggunakan metode FMEA untuk melakukan analisis jenic cacat pada proses patri mesin untuk produk kalung polos. Kemudian dengan diagram pareto akan ditentukan jenis cacat yang dominan. Selanjutnya fishbone diagram digunakan untuk mencari penyebab dari jenis cacat yang dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai RPN tertinggi dengan nilai 441 adalah untuk jenis cacat klem nyunyut. Penyebab utama terjadinya jenis cacat ini lebih pada factor manusia. Yaitu disebabkan oleh operator kurang memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Rekomendasi yang diberikan dengan memberikanedukasi pada operator akan pentingnya SOP yang berlaku.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim1, 2014. pengertian perhiasan emas. http://pusatperhiasanku.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-jenis-kadar-karat-emas.html diakses pada tanggal 8 Oktober 2016
Anonim2, 2014. Alasan Membeli Perhiasan Emas. http://pusatperhiasanku.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-jenis-kadar-karat-emas.html. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2016
Anonim3, 2011. Hal-Hal Yang harus diperhatikan Ketika Membeli Perhiasan Emas. http://wolipop.detik.com/read/2011/09/08/130928/1718180/1133/8-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-membeli-emas. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2016
Gaspersz, Vincent, 2003, “Total Quality Management (TQM)“, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Haning, Murfidin, 2007, ”Manajemen Produksi Modern”, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Sutrisno, Agus, 2001, ”Usulan Perbaikan Metode Pemeliharaan Pencegahan Kegagalan Mesin Printing Berbasis Hasil Analisa Metode Advanced FMEA”, Universitas Indonesia, Depok
Tjiptono, Fandy, 1997, “Prinsip-Prinsip Total Quality Service”, Andi Offset, Yogyakarta
Yulian Zamit, 2003, “Manajement Produksi dan Operasi”, Penerbit Ekonesia fe UII, Yogyakarta .
Refbacks
- There are currently no refbacks.