DESAIN DAN PEMBUATAN RANGKAIAN INVERTER SATU FASA PADA RUMAH MANDIRI ENERGI MENGGUNAKAN METODA SPWM

Rachmad Azhari, Tjahya Odinanto, Akhmad Fahruzi

Abstract

Rumah mandiri energi ialah rumah yang dapat menyediakan energi dari rumah itu sendiri dan tidak bergantung pada pasokan energi dari PLN. Agar bisa menghasilkan energi listrik AC seperti listrik PLN maka dibutuhkan sebuah alat yaitu inveter. Inverter ialah alat yang berfungsi mengubah listrik DC menjadi listrik AC menggunakan metode SPWM yang bertujuan menghasilkan gelomang sinus murni. Output inverter tersebut akan dinaikkan melalui trafo step yang selanjutnya bisa digunakan pada beban listrik AC. karena keluaran trafo tersebut adalah tegangan listrik AC dengan gelombang sinus murni sama dengan hasil pasokan energi listrik AC dari PLN sehingga aman untuk digunakan pada beban listrik AC yang diinginkan. Rangkaian inverter mampu dibebani sebesar 400watt

Keywords

Rumah Mandiri Energi; Metode SPWM; Inverter;

Full Text:

PDF

References

Andriyanto, Optimalisasi Penempatan Filter Pasif Untuk Mereduksi Rugi – Rugi Daya Akibat Arus Harmonik Pada Industri Baja. Depok : Universitas Indonesia, 2008.

Boy lestad, Robert I, & Nashelsjy, Louis Electronics Devices And Circuit Theory, 10Ed. Pearson Education, 2009.

Dwi Prakoso, Hasan, Rancang Bangun Sistem Kontrol Tekanan Udara Pada Kompresor Untuk Airbrush Dengan Logika Fuzzy. Surabaya : Politeknik Elektro Negeri Surabaya (PENS), 2016.

Fadhli, MR, Rancang Bangun Inverter 12V DC ke 220 V AC Dengan Frekuensi 50 Hz dan Gelombang Sinusoidal. Depok : Universitas Indonesia. 2011.

Hart, Daniel W. Introduction To Power Electronics : International Edition. Prentice Hall International, London, 1997.

Junaidi, Analisa Switching Transistor Untuk Pembentukan Gelombang Sinusoidal PWM. Depok : Universitas Indonesia, 2010.

Nuryadi,Devi, Konsep Rumah Mandiri Energi Menggunakan Tenaga Surya Dan Biogas. Pekanbaru : Universitas Islam Negeri Sultan Syaruf Kasim Riau, 2011.

Rashid, M. H. “ Power Electronics Circuit, Devices, And Application 3^rd Edition “. USA : Prentice Hall, 2004.

Rashid, M. H. Power Electronics Handbook. Canada : Academic press, 2008.

Saragih , Budiman. Perbaikan Untuk Kerja Inverter Satu Fasa Dengan Menggunakan Kontrol Sinyal Lebar pulsa. Medan : Universitas Sumatra Utara, 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.