Desain dan Analisis Kekuatan Chassis Kendaraan Ramah Lingkungan Mobil Hybrid “Bed 18” Sumber Energi Udara Bertekanan dan Listrik

Bambang Setyono, Ardi Noerpamoengkas, Sofyan Hadi

Abstract

Chassis atau rangka  merupakan bagian terpenting dari konstruksi suatu kendaraan, karena semua beban bertumpu pada chassis. Ketepatan dalam perancangan chassis kendaraan merupakan hal penting untuk menjamin keselamatan dan keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang kekuatan chassis mobil hibrid dengan berbagai variasi beban hingga batas maksimal beban yang mampu ditahan. Penelitian ini menggunakan metode simulasi dengan input desain chassis, material dan ukuran chasiis. Out put berupa distribusi tegangan utama, displacemet dan angka keamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban (kg)/angka keamanan minimal: 60/3,7 ; 70/3,6 ; 80/3,5 ; 90/3,3 ; 460/1,26 ; 650/0,94. Dari simulasi menunjukkan bahwa chassis mobil akan patah apabila dibebani 650 kg atau lebih. Pada beban total 60-90 kg chassis masih aman karena angka keamanan minimal masih berkisar antara 3,3 – 3,7 displacement antara 0,3951 – 0,4519 mm dan tegangan utama antara 64,1155 – 73,0857 MPa.

Keywords

chassis; mobil hibrid; tegangan utama; displacement; angka keamanan

Full Text:

PDF

References

R. Y. Garud and A. Pandey, “Structural Analysis of Automotive Chassis, Design Modification and Optimization,” Int. J. Appl. Eng. Res., vol. 13, no. 11, pp. 9887–9892, 2018.

R. S. Kumar and D. N. V, “DESIGN AND ANALYSIS OF AUTOMOTIVE CHASSIS FRAME USING FINITE ELEMENT METHOD,” Int. J. Pure Appl. Math., vol. 118, no. 20, pp. 961–972, 2018.

A. Noerpamoengkas, M. Ulum, and A. Y. Ismail, “Orientation Effect on Statics and Natural Frequency of Cantilever Beam,” J. Mekanova Mek. Inov. dan Teknol., vol. 6, no. 1, p. 12, Jun. 2020.

A. Mohd et al., “Chassis Design & Analysis,” Int. Res. J. Eng. Technol., p. 2908, 2008.

R. Ariyansah, “MODIFIKASI DESAIN CHASIS KENDARAAN HYBRID PADA BUS SCANIA K360IB,” Teknobiz J. Ilm. Progr. Stud. Magister Tek. Mesin, vol. 7, no. 3, pp. 156–165, 2017.

S. N. Vijayan, S. Sendhilkumar, and K. M. Kiran Babu, “Design and analysis of automotive chassis considering cross-section And material,” Int. J. Curr. Res., vol. 7, no. 05, pp. 15697–15701, 2015.

P. Bhowmick, D. Malhotra, P. Agarwal, and K. Ravi, “Design and Analysis of a Pick-up truck chassis,” Int. J. Sci. Innov. Eng. Technol., vol. 1, 2017.

M. Ps and V. T. R, “Static Analysis, Design Modification and Modal Analysis of Structural Chassis Frame,” J. Eng. Res. Appl. www.ijera.com, vol. 4, no. 5, pp. 6–10, 2014.

K. Someswara Rao, K. P. Kumar, B. S. Kumar, D. Suseel, R. H. Krishnan, and K. S. Rao, “Design and Analysis of Light Weighted Chassis,” Int. J. Mech. Eng. Technol., vol. 8, no. 5, pp. 96–103, 2017.

N. A. Sutisna and M. F. A. A. Akbar, “FEM Simulation of Electric Car Chassis Design with Torsional Bar Technology,” J. Mech. Eng. Mechatronics, vol. 3, no. 2, p. 97, Jan. 2019.

T. Hidayat, N. Nazaruddin, and S. Syafri, “PERANCANGAN DAN ANALISIS STATIK CHASSIS KENDARAAN SHELL ECO MARATHON TIPE URBAN CONCEPT,” Jom FTEKNIK, vol. 4, no. 2, pp. 1–6, Sep. 2017.

B. Setyono and S. Gunawan, “PERANCANGAN DAN ANALISIS CHASSIS MOBIL LISTRIK ‘SEMUT ABANG ’ MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR PRO 2013,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III, 2015, pp. 69–78.

A. Yudistira Dwinanto and F. Burhanuddin Muhammad, “Analisa Perbandingan Karakteristik Bodi dan Chassis pada Prototype Kendaraan Listrik,” J. Rekayasa Mesin, vol. 6, no. 2, pp. 101–105, Aug. 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.