Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Menggunakan Metode Servqual dan TRIZ (Studi Kasus: Cafe Giri Hills Di Kota Gresik)

Ade Ray, Lukmandono Lukmandono

Abstract


Peluang usaha cafe semakin besar, maka pesaing akan bermunculan dan menimbulkan persaingan satu dengan yang lain. Dalam membuat usaha cafe harus sadar bahwa kualitas layanan yang akan diberikan kepada konsumen sehingga dapat menciptakan sebuah kepuasan pelanggan. Maka dari itu dalam menghadapi keadaan tersebut, dalam usaha bisnis cafe harus berusaha mampu cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan untuk usaha yang akan didirikan dan dapat dikembangkan dengan lebih baik. Salah satu cafe di Gresik yang terkenal dan ramai pelanggannya adalah Giri Hills, sebuah cafe dan resto yang berkonsep interior vintage, berbagai pernak-pernik vintage disajikan untuk menghiasi setiap sudut cafe. Penelitian ini bertujuan menentukan tingkat kualitas pelayanan pada Cafe Giri Hills dengan menggunakan metode servqual dan memberikan usulan perbaikan kualitas pelayanan pada Cafe Giri Hills dengan menggunakan metode TRIZ. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa layanan yang perlu dilakukan perbaikan adalah tempat parkir di Cafe Giri Hills di Kota Gresik yang memadai, kinerja karyawan di Cafe Giri Hills di Kota Gresik memberikan pelayanan yang tepat, dan keramahan yang diberikan dari pihak Cafe Giri Hills di Kota Gresik dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya. Sementara itu, usulan yang dapat diberikan berdasarkan metode TRIZ yaitu dengan penambahan area parkir dan memberikan pelatihan kepada karyawan.

Keywords


Servqual; TRIZ; Kualitas Layanan

Full Text:

PDF

References


Suatmodjo, Febe Angelin Tandjung. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Café Zybrick Coffee & Cantina. Vol. 5, No. 3.

I. O. Widjoyo, L. J. Rumambi, Dan Y. S. Kunto. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Drive Thru Mcdonald’s Basuki Rahmat Surabaya. J. Manaj. Pemasar., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–12.

Erawati, Andri Dan Lukmandono. (2019). Disain Peningkatan Penjualan Produk Pada Industri Kecil Menengah (Ikm) Dengan Pendekatan Kano Dan Quality Function Deployment (Qfd). Senopati, Pp. 41–49.

Musanto, Trisno. (2014). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus Pada Cv. Sarana Media Advertising Surabaya,” J. Manaj. Dan Wirausaha, Vol. 6, No. 2, Pp. 123–136, Doi: 10.9744/Jmk.6.2.Pp.123-136.

Nugraha, Rizal., dkk. (2014). Usulanpeningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Pada Bengkel ‘X’ Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis (Studi Kasus Di Bengkel Ahass Pd. Sumber Motor Karawang). J. Online Inst. Teknol. Nas., Vol. 1, No. 3, Pp. 221–231, Doi: 2338-5081.

Shartykarini, Shary., dkk. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pengunjung Cafe Di Banjarbaru). J. Wawasan Manaj., Vol. 4, No. 1, Pp. 39–52, 2016.

Putri, Lily Harlina. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan ( Studi Pada Monopoli Cafe And Resto Soekarno Hatta Malang ),” Vol. 15, No. 2.

Nuryani, Ayu Rahma Putri., dkk. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Servqual ( Studi Kasus Di Ria Djenaka Coffee House & Resto , Malang ). Ftp Unbraw, No. Quadrant I, Pp. 1–8.

Mustofa, Muchamad., dkk. (2016). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Metode Service Quality (Ervqual) Fuzzy Di Pt. Pos Indonesia Sidoarjo. Pp. 1–14.

Wulandari, Syafitri., dkk. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Servqual Dan Triz ( Studi Kasus : Puskesmas Parit Haji Husin Ii Kec . Pontianak Tenggara ). Vol. 08, No. 3, Pp. 505–514.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.