Sistem Rekomendasi Pada Prouk Marketplace “Laisyah” Menggunakan Metode Cosine Similarity
Abstract
Perkembangan internet telah membawa perubahan besar dalam pola hidup masyarakat, termasuk dalam cara berbelanja. Saat ini, penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka untuk melakukan transaksi. Masyarakat lebih memilih berbelanja melalui marketplace karena gaya hidup yang berubah, dari belanja langsung ke toko fisik menjadi belanja online yang lebih nyaman. Marketplace seperti “Laisyah” menyediakan kemudahan ini, di mana pelanggan dapat membeli atau memesan produk tanpa harus bertemu langsung dengan penjahit. Selain itu, keamanan transaksi juga terjamin dengan adanya payment gateway yang berperan sebagai pihak ketiga untuk mengelola pembayaran.
Dalam upaya mengembangkan marketplace ini, kami untuk menerapkan sistem rekomendasi yang didasarkan pada riwayat kata kunci pencarian dan deskripsi produk. Dengan sistem ini, pelanggan dapat menemukan produk yang sesuai dengan keinginan mereka dengan lebih mudah.
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, terdapat 7 orang yang telah memberikan data untuk pengujian. Akurasi keseluruhan dari sistem ini mencapai 44,5%. Meskipun tingkat akurasi ini sudah menunjukkan hasil yang relevan dengan beberapa pencarian pengguna, namun masih ada kekurangan, terutama karena keterbatasan data. Sistem belum memiliki informasi atau barang yang cukup spesifik dan relevan dengan kebutuhan pengguna, sehingga hasil yang diperoleh belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dan penyesuaian data agar sistem dapat bekerja lebih baik. Penelitian dan pengembangan lebih lanjut sangat diperlukan untuk meningkatkan akurasi dan memenuhi harapan pengguna.
Keywords
DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2025.7581
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Chrisna Adrian Dwiputra Haryono, Septiyawan Rosetya Wardhana, Rani Rotul Muhima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.