Analisis Rancang Ulang Proses Bisnis Pada Sektor Logistik Menggunakan Metode Business Process Business Process Reengineering (Studi Kasus : PT. Bina Baru Malanti)

Karina Nine Amalia, Hesty Anggeini Tyas, Tri Agustina Nugrahani

Abstract


Penelitian ini menganalisis rekayasa ulang proses bisnis di sektor logistik, dengan studi kasus pada PT. Bina Baru Malanti. Tujuan utamanya adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis perusahaan melalui Business Process Reengineering (BPR) dengan penerapan teknologi informasi. Latar belakang penelitian ini menunjukkan bahwa era globalisasi dan kemajuan teknologi memaksa perusahaan kurir untuk terus meningkatkan kualitas layanannya. PT. Bina Baru Malanti, sebuah perusahaan pelayaran yang mengirim barang ke seluruh pulau di Indonesia, menghadapi tantangan dalam proses bisnis yang ada dan membutuhkan perbaikan untuk meningkatkan layanan dan efisiensi operasional. Metodologi penelitian meliputi identifikasi masalah melalui wawancara dan analisis proses bisnis saat ini (As-Is), serta perancangan usulan proses bisnis (To-Be). Proses bisnis baru diusulkan berdasarkan pemanfaatan waktu dan sumber daya. Simulasi dan analisis komparatif antara proses bisnis As-Is dan To-Be dilakukan menggunakan aplikasi Bizagi untuk mengevaluasi efektivitas usulan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekayasa ulang proses bisnis meningkatkan efisiensi waktu dan pemanfaatan sumber daya. Perubahan ini juga meningkatkan kenyamanan pengguna dalam proses bisnis perusahaan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi PT. Bina Baru Malanti dalam meningkatkan kinerja operasional


Keywords


Rancang Ulang;Proses Bisnis;Business Process Reengineering (BPR); Bizagi

Full Text:

PDF

References


M. N. Waluyo, E. Suhendar, and H. A. Suprapto, “Rancang Ulang Proses Bisnis Dengan Metode Business Process Reengineering Pada TLS Cargo,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 12, no. 3, p. 161, 2021, doi: 10.22303/csrid.12.3.2020.161-169.

PT. Bina Baru Malanti, “Company Profile PT.Bina Baru Malanti.”

N. Wisayani, “Analisis Business Process Reengineering Untuk Mengevaluasi, Merekayasa Ulang, Dan Memperbaiki Monitoring Kontrak Pada Pt Pln (Persero) Dist. Jatim Area Malang.,” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 8, no. 1, p. 79497, 2014.

S. Nookhao and S. Kiattisin, “Achieving a successful e-government: Determinants of behavioral intention from Thai citizens’ perspective,” Heliyon, vol. 9, no. 8, Aug. 2023, doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e18944.

W. & dkk. Khristianto, Sistem Informasi Manajemen: Tujuan Sistem Informasi Manajemen, no. April. 2022. [Online]. Available: http://max21487.blogspot.com/2012/04/tujuan-sistem-informasi-manajemen.html

L. P. Lopez-Arredondo, C. B. Perez, J. Villavicencio-Navarro, K. E. Mercado, M. Encinas, and P. Inzunza-Mejia, “Reengineering of the software development process in a technology services company,” Bus. Process Manag. J., vol. 26, no. 2, pp. 655–674, 2020, doi: 10.1108/BPMJ-06-2018-0155.

C. Battilani et al., “Business Process Re-engineering in Public Administration: The case study of Western Ligurian Sea Port Authority,” Sustain. Futur., vol. 4, no. October 2021, p. 100065, 2022, doi: 10.1016/j.sftr.2022.100065.

S. Mamrot, “Application of business process modelling and reengineering to law making process in Poland,” eJournal eDemocracy Open Gov., vol. 15, no. 1, pp. 144–168, 2023, doi: 10.29379/jedem.v15i1.736.

T. Buadit, A. Ussawarujikulchai, K. Suchiva, S. Papong, and C. Rattanapan, “Green productivity and value chain analysis to enhance sustainability throughout the passenger car tire supply chain in Thailand,” J. Open Innov. Technol. Mark. Complex., vol. 9, no. 3, p. 100108, 2023, doi: 10.1016/j.joitmc.2023.100108.

Marimin, M. A. Darmawan, Machfud, M. P. Islam Fajar Putra, and B. Wiguna, “Value chain analysis for green productivity improvement in the natural rubber supply chain: A case study,” J. Clean. Prod., vol. 85, pp. 201–211, 2014, doi: 10.1016/j.jclepro.2014.01.098.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2025.7156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Karina Nine Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.