Evaluasi Manajemen Layanan TI pada PT. Mukti Adhi Sejahtera melalui Pengukuran Maturity Level ITIL V3
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen layanan teknologi informasi (TI) pada PT. Mukti Adhi Sejahtera melalui pengukuran tingkat kematangan menggunakan framework ITIL V3. Di era digital yang berkembang pesat, organisasi perlu beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing. Audit ini berfokus pada Domain Service Operation, yang meliputi Event Management, Incident Management, Request Fulfillment, Problem Management, dan Access Management. Melalui pengukuran menggunakan Maturity Model, hasil menunjukkan bahwa semua subdomain berada pada tingkat kematangan level 2 (partially), yang mengindikasikan perlunya perbaikan dalam berbagai aspek pengelolaan layanan TI. Rekomendasi perbaikan yang dihasilkan mencakup standarisasi prosedur, pengembangan sistem otomatis, dan peningkatan kolaborasi antar tim. Dengan menerapkan saran tersebut, diharapkan PT. Mukti Adhi Sejahtera dapat meningkatkan tingkat kematangan layanan TI dan kualitas operasional perusahaan secara keseluruhan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi penting dalam memahami pentingnya pengelolaan layanan TI yang efektif sebagai pendorong kesuksesan organisasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
L. Magdalena, “Analisis Problem Management pada IT Helpdesk dengan implementasi ITSM dan SLA (Studi Kasus : Citigroup Indonesia),” J. Digit, vol. 1, no. 2, pp. 97–112, 2011.
G. B. Putri and T. Sutabri, “Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation Pada Perusahaan CV. Cemerlang Komputer Palembang,” Indones. J. Multidiscip. Soc. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 162–167, 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i2.144.
A. Rosano and D. Sudaradjat, “Pemeriksaan Maturitas Manajemen Infrastruktur Bagian Pusat Data Bank XYZ Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3,” Remik, vol. 7, no. 2, pp. 884–895, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i2.12191.
M. K. Anam, N. Lizarti, and A. N. Ulfah, “Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation,” Fountain Informatics J., vol. 4, no. 1, p. 8, 2019, doi: 10.21111/fij.v4i1.2810.
M. A. Pratiwi and A. R. Tanaamah, “Analysis of IT Service Management in the Salatigaku Application Using the Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 33–43, 2020, doi: 10.33557/journalisi.v2i1.38.
D. Herlinudinkhaji, “Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Desain pada Universitas Selamat Sri Kendal,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 61, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.4005.
OGC, “Service operation,” SpringerBriefs Comput. Sci., vol. 0, no. 9781461438960, pp. 73–90, 2012, doi: 10.1007/978-1-4614-3897-7_6.
A. S. Safitri , Cahya Indah, Supriyadi Didi, “Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL V3,” J. Jupiter, vol. 13, no. 1, pp. 134–144, 2021.
A. Limited, “ITIL ® Maturity Model 2 ITIL ® Maturity Model,” no. October, 2013.
DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2025.7132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jovan Rizky Andika, Adib Pakarbudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.