Perancangan User Interface dan User Experience Pada Aplikasi Batama Berbasis Mobile dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Hadi Zulfikri, Anwar Sodik

Abstract


Penggunaan smartphone (ponsel pintar) di seluruh dunia mengalami peningkatan, antara lain karena banyaknya aplikasi ponsel yang dikembangkan oleh pengembang ponsel. Indonesia adalah negara yang termasuk dalam kelompok teraktif di dunia setelah China, India dan Amerika. Indonesia berada di peringkat ketiga daftar teratas smartphone Asia-Pasifik, dengan 83,18 juta pengguna pada tahun 2018. Salah satu kegunaan Smartphone adalah untuk menunjang bisnis. Pada tahun 2019 Indonesia terserang wabah virus yakni Covid-19 yang telah berlangsung selama kurang lebihnya dua tahun, hal ini membuat masyarakat Indonesia mengalami pembatasan mobilitas yang mengakibatkan menurunnya sumber pendapatan, sehingga masyarakat dipaksa untuk berinovasi agar bisa bertahan di era pandemi saat ini. Jika pelaku bisnis mampu beradaptasi, dan menemukan peluang baru untuk pertumbuhan bisnis, mereka akan bertahan di era digital. Penelitian ini merupakan penelititan yang menggunakan metode Design Thinking. Metode ini ditemukan oleh David Kelley dan Tim Brown sekitar tahun 2000 an. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni memudahkan para pegiat UMKM di daerah bratang untuk menggunakan Aplikasi Marketplace yang nantinya dinamakan Batama. Batama merupakan suatu aplikasi pihak ketiga yang berfungsi sebagai perantara penjualan produk yang di dalam aplikasi ini terdapat Katalog dari produk yang dijual. Katalog adalah daftar barang yang umumnya diperjualbelikan oleh seseorang, yang memilki bentuk bermacam-macam seperti alat tulis, peralatan rumah tangga, barang elektronik dan sebagainya. Pada era digital seperti saat ini, teknologi menjadi salah satu solusi untuk berbagai macam permasalahan masyarakat

Keywords


Design Thinking; UMKM; Marketplace

Full Text:

PDF

References


A. A. Ole and L. Kodina, “Tingkat Penggunaan Gadget (Smartphone) dan Prestasi Belajar Siswa,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3160–3164, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.969.

D. Fernando, “Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio,” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 71–77, 2018, [Online]. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/snartisi/article/view/808

A. Rahayu, “merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara khususnya bagi negara-negara yang memiliki pendapatan perkapita yang rendah ( Priamana , 2009 ). Data sensus ekonomi yang dilakukan oleh BPS pada tahun 2016 menyatakan bahwa terd,” vol. 5, pp. 974–984, 2021.

A. Nuvitasari, N. Citra Y, and N. Martiana, “Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” Int. J. Soc. Sci. Bus., vol. 3, no. 3, p. 341, 2019, doi: 10.23887/ijssb.v3i3.21144.

Hengki Juliansa, Ahmadi, “Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Sebagai Media Promosi,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya Lubuklinggau, vol. 4, no. 2, pp. 73–79, 2022, doi: 10.52303/jb.v4i2.73.

E. S. V. N. Kristin Angelina, “Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking,” JurnalTeknologi Inf. Komun., vol. Volume 9, pp. 70–78, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.38204/tematik.v9i1.915

R. R. Putri, A. Sodik, and A. Pakarbudi, “Perancangan User Experience Aplikasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Human-Centered Design,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. VIII, no. x, pp. 83–92, 2020.

L. M. Alaik and A. Sodik, “Perancangan User Interface Dan User Experience Pada Website Paid Newsletter XYZ Dengan Model User Centered Design,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., pp. 1–6, 2023.

N. D. Wulanndari and A. Sodik, “Uji Usability Website Akademik Universitas XYZ Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” SNESTIK Semin. Nas. Tek. Elektro, Sist. Informasi, dan Tek. Inform. , vol. 23, no. 1, pp. 393–399, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/snestikdanhttps://snestik.itats.ac.id

A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, p. 219, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1549.

A. Rachman, B. S. Salim, A. Sodik, J. Iswanto, A. R. Vanchapo, and M. A. Manuhutu, “Pemodelan User Interface dan User Experience Menggunakan Design Thinking,” J. Pendidik. Tambusai Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Pahlawan, vol. 7, no. 2, pp. 9288–9288, 2023, [Online]. Available: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/7807




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hadi Zulfikri, Anwar Sodik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.