Perancangan Alat Ukur Berat Badan dan Tinggi Badan dengan Menerapkan Metode Fuzzy Logic Berbasis Arduino

Moch Adhyansyah Nugraha, Tining Haryanti, Ashr Hafiizh Tantri

Abstract


ABSTRAK

Untuk mengukur tinggi dan berat badan, orang pada umumnya masih dilakukan secara manual. Pengukuran tinggi dan berat badan manual dilakukan dengan menggunakan alat yang sudah umum digunakan, biasanya untuk mengukur tinggi menggunakan pita pengukur atau penggaris, sedangkan untuk mengukur berat badan menggunakan timbangan. Sehingga, sebagian besar orang jarang melakukan pengukuran dan mengetahui seberapa tinggi dan berat badannya karena membutuhkan waktu yang cukup banyak. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terkini, muncul gagasan untuk menciptakan alat yang dapat mengukur tinggi dan berat badan manusia secara bersamaan serta mengetahui apakah tubuh manusia ideal berdasarkan klasifikasi nilai Indeks Massa Tubuh (IMT). Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah indikator sederhana tentang hubungan antara tinggi dan berat badan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang alat yang dapat mengukur tinggi dan berat badan manusia secara bersamaan dengan tampilan digital. Hasil uji menunjukkan bahwa alat ini bekerja sesuai dengan desain, yaitu ketika seseorang naik ke alat ini, maka alat akan langsung mengukur tinggi dan berat badan, menghitung Indeks Massa Tubuh, dan hasilnya akan ditampilkan pada layar LCD. Untuk pengukuran, sensor ultrasonik digunakan untuk mengukur tinggi, dan pengukuran berat badan menggunakan sel beban dengan batas pengukuran tinggi 20 m dan berat badan 100 kg.

Kata Kunci: IMT, Fuzzy Logic, Arduino


Keywords


IMT; Fuzzy Logic; Arduino

Full Text:

PDF

References


H. Fauzi, Darsono. N.A & Hidayat. B, “Analisis Kalkulasi Body Mass Index Dengan Pengolahan Citra Digital Berbasis Aplikasi Android’, Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, Vol.5, No.2, Pp.693-702, 2018.

A. Apriansyah, Fauzi. A & Faisal. S, “Penerapan Fuzzy Logic Untuk Menentukan Indeks Massa Tubuh (IMT) Berbasis Internet of Things (IoT)”, Jurnal Media Informatika Budidarma, Vol.7, No.1, Pp. 292-299, 2023.

A. L. Kalua, Manembu. P, Kewo. A, “Aplikasi Simulasi Body Mass Index Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Logic”, Jurnal Ilmiah Widya Teknik, Vol.15, No.2, 2016.

Departemen Kesehatan Gizi, Pedoman Praktis Memantau Status Gizi Orang Dewasa: Pedoman Praktis Untuk Mempertahankan Berat Badan Normal Berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dengan Gizi Seimbang. Jakarta: Departemen Kesehatan, 2016.

M. M. Afdali, Daud & Putri. R, “Perancangan Alat Ukur Digital untuk Tinggi dan Berat Badan dengan Output Suara berbasis Arduino UNO”, ELKOMIKA J. Tek. Energi Elektr. Tek. Telekomun. Tek. Elektron, Vol. 5, No. 1, Pp. 106, 2018.

H. Fauzi, Darsono. N.A & Hidayat. B, “Analisis Kalkulasi Body Mass Index Dengan Pengolahan Citra Digital Berbasis Aplikasi Android” Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, Vol. 5, No. 2, Pp. 693-702, 2018.

L. Maulana & Yendri. D, “Rancang Bangun Alat Ukur Tinggi dan Berat Badan Ideal Berdasarkan Metode Brocha Berbasis Mikrokontroler” J. Inf. Technol. Comput. Eng, Vol. 2 No. 02, Pp.. 76–84, 2018.

D. Nurlette & Wijaya. T. K., “Perancangan Alat Pengukur Tinggi Dan Berat Badan Ideal Berbasis Arduino,” Sigma Tek, Vol. 1, No. 2, Pp. 172, 2018.

A. A. Sofyan, Puspitorini. P & Baehaki. D, “Sistem Keamanan Pengendali Pintu Otomatis Berbasis Radio Frequency Identification ( RFID ) Dengan Arduino Uno R3”, J. Sisfotek Glob, Vol. 7, No. 1, Pp. 35–41, 2017.

Tinggi, D. A. N. S. Badan, Centaury. G & Shintadewi. E, “PROTOTIPE”, Vol. 16, No. 1, Pp. 55–68, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 moch adhyansyah nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.