Sistem Pengamanan Pesan Chatting Menggunakan Algoritma Vigenere Cipher Berbasis Web

Citra Nurina Prabiantissa, Gusti Eka Yuliastuti, Ilham Habib Azizi

Abstract


Pertumbuhan pesat dalam komunikasi daring telah mendorong pengembangan metode pengamanan untuk melindungi privasi dan kerahasiaan pesan antara pengguna. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah penggunaan algoritma kriptografi, seperti algoritma Vigenere Cipher, dalam aplikasi berbasis web untuk mengamankan pesan chatting. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma Vigenere Cipher dalam pengamanan pesan chatting berbasis web. Metode ini melibatkan penerapan algoritma Vigenere Cipher pada teks pesan yang akan dikirimkan melalui aplikasi chatting berbasis web. Algoritma Vigenere Cipher bekerja dengan mengenkripsi pesan menggunakan kunci yang dipilih oleh pengguna. Kunci ini akan mengubah setiap karakter dalam pesan asli menjadi karakter yang terenkripsi. Implementasi dilakukan dengan mengintegrasikan algoritma ini ke dalam antarmuka pengguna aplikasi web, yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan pesan dan kunci enkripsi. Hasil implementasi dengan menerapkan Algoritma Vigenere Cipher didapatkan nilai avalanche effect rata-rata sebesar 35% sedangkan hasil dari pengujian yang menunjukkan bahwa algoritma yang diusulkan belum mampu mengamankan data teks pesan secara efektif tetapi mampu mengenkripsi pesan yang panjang dengan waktu yang singkat. Namun, perlu diingat bahwa Vigenere Cipher memiliki beberapa kerentanan terhadap serangan kriptanalisis tertentu, sehingga pemantauan dan pemeliharaan keamanan tetap penting.


Keywords


Enkripsi; Vigenere Chiper; chatting, website

Full Text:

PDF

References


D. Astuti and C. Sundari, “IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE CIPHER UNTUK ENKRIPSI DAN DEKRIPSI PADA PERESEPAN DATA OBAT DI PUSKESMAS MERTOYUDAN 1 KABUPATEN MAGELANG,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 5, no. 2, p. 341, Dec. 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i2.534.

D. Abdullah, “School of Informatics Management and Computing , STMIK Jayakarta PENGAMANAN EMAIL MENGGUNAKAN METODE VIGENERE CIPHER,” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, pp. 2598–8700, 2017, [Online]. Available: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar

S. Budi, A. B. Purba, and J. Mulyana, “PENGAMANAN FILE DOKUMEN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE SUBTITUSI DAN VIGENERE CIPHER,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 11, no. 3, pp. 222–230, Dec. 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i3.477.222-230.

P. Sumber et al., SUPER ENCRYPTION APPLICATION OF CRYPTOGRAPHY USING COMBINATION OF COLUMNAR TRANSPOSITION AND VIGENERE CIPHER.

Megawati, Muhammad Fitra Hamidy, Sasqia Ismi Aulia, Yuhendri Putra, and Mhd Arief Hasan, “Enkripsi dan Deskripsi File Menggunakan Kombinasi Vigenere dan Shift Cipher di Python,” SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 7, no. 1, pp. 102–111, Jun. 2021, doi: 10.33372/stn.v7i1.686.

M. Hafitz Firmansyah, G. Eka Yuliastuti, and C. Nurina Prabiantissa, “Implementasi Multi Enkripsi Algoritma Vigenere Cipher dan Cipher Block Chaining (CBC) untuk Pengamanan Data Pegawai.”

E. Tarigan and D. H. S. Maha, “KOMBINASI VIGENERE CIPHER DAN POLYALPHABETIC CIPHER PADA PENGAMANAN FILE TEXT”.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Citra Nurina Prabiantissa, Gusti Eka Yuliastuti, Ilham Habib Azizi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.