Sistem Informasi Manajemen Servis Komputer Berbasis Mobile Web dengan Model Pengembangan Evolutionary Prototyping

Ahmat Dani Setiawan, Rahmi Rizkiana Putri

Abstract


Diversity Mall merupakan sebuah toko yang bergerak dibidang jasa. Jasa yang di tawarkan oleh Diversity Mall adalah jasa perbaikan komputer dan laptop. Terdapat beberapa kendala yang dialami oleh “Diversity Mall” yaitu tracking status reparasi yang masih manual sehingga menyulitkan admin untuk membalas satu persatu pelanggan, dan juga sistem transaksi masih menggunakan kertas sehingga terkadang dokumen tersebut dapat hilang jika tidak disimpan dengan baik dan juga dapat termakan usia. Metode evolutionary prototype membantu pengerjaan sistem dikarenakan memerlukan penyesuaian yang secara berkala dan feedback dari user atau owner yang memungkin kita harus memvalidasi ulang suatu design atau bisnis proses yang akan dikerjakan, oleh karena itu sistem yang akan dibuat nanti berupa manajemen reparasi komputer yang mencakup fitur transaksi, tracking status reparasi dan sistem pickup yang diharapkan dapat membantu pelaku usaha jasa reparasi komputer “Diversity Mall”. Pengembangan sistem akan menggunakan 2 platform yaitu web based dan mobile. Sistem web based merupakan sistem yang bisa dibuka melalui browser seperti Mozila, Google Chrome, Opera dll yang akan digunakan oleh pegawai dari Diversity Mall. Sistem mobile merupakan aplikasi yang berjalan pada sistem android yang akan digunakan oleh pelanggan dari Diversity Mall. Mendapatkan hasil pengujian menggunakan ISO 9126 dengan beberapa faktor seperti Usability yang menghasilkan nilai rata-rata 91% (Sangat Baik), Reliability dengan menghasilkan nilai rata-rata 87,1% (Sangat Baik), dan Maintainability dengan nilai rata-rata 88% (Sangat Baik).


Keywords


Sistem; Evolutionary Prototype; web; web apps; ISO 9126

Full Text:

PDF

References


E. O. T. Setyowati and A. D. Respati, “Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Computer Self Efficacy, Dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi,” J. Ris. Akunt. dan Keuang., vol. 13, no. 1, p. 63, 2017, doi: 10.21460/jrak.2017.131.281.

M. Rusdiana, “Sistem Informasi Manajemen,” Sist. Inf. Manaj., pp. 1–387, 2014.

A. Prasetyo and R. Susanti, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 10, no. 2, pp. 1–16, 2015.

W. Agustiono, “Applying Evolutionary Prototyping in Developing LMIS: A Spatial Web-Based System for Land Management,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 953, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/953/1/012147.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmat Dani Setiawan, Rahmi Rizkiani Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.