Usulan Framework Supplier Relationship Management untuk Evaluasi Supplier dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus PT. XYZ)

Octaviandy Pardamean, Amanda Sofiana

Abstract

Bahan baku menjadi komponen penting dalam proses produksi perusahaan manufaktur yang bergantung pada supplier. Oleh karena itu diperlukan hubungan yang baik dengan supplier melalui Supplier Relationship Management (SRM) yang meliputi evaluasi kinerja supplier. PT. XYZ mengalami beberapa kendala pengadaan bahan baku sehingga perlu menerapkan SRM. Proses evaluasi pemasok menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang melibatkan pemberian bobot pada berbagai kriteria dan alternatif pemasok. Bobot akhir dari setiap pemasok kemudian dihitung untuk menentukan klasifikasi pemasok ke dalam tiga kategori: bad, good, dan excellent supplier. Dari evaluasi yang dilakukan kepada keempat supplier yang ada diperoleh 2 kategori kelompok supplier yaitu PT. A dan PT. B yang termasuk dalam kategori Excellent Supplier, kemudian PT. C dan PT. D yang termasuk dalam kategori Bad Supplier. Output dari evaluasi supplier digunakan untuk mengelompokkan supplier sesuai kinerjanya dengan menggunakan supplier relationship assessment. Hasil pengelompokkan supplier dari keempat supplier, terdapat 2 kelompok strategi yaitu prime group dan improvement group. Framework SRM dibuat untuk meningkatkan hubungan pemasok-perusahaan melalui evaluasi dan seleksi pemasok.

Full Text:

PDF

References

M. Roushdy, M. Mohamed, S. Hesham, S. Elzarka, and L. Hafez, “Investigating the Impact of Suppliers Relationship Management on Firms ’ Performance : A Multiple Case Study Approach on Manufacturing Companies in Egypt Arab Academy for Science , Technology & Maritime Transport,” no. 2012, pp. 552–560, 2015.

E. B. Prasetyo and N. Kurniati, “Supplier relationship management based on process capability index for multiple characteristics,” Proc. Int. Conf. Ind. Eng. Oper. Manag., vol. 2018-March, pp. 1822–1830, 2018.

H. Tran, “A Case Study of Integrative Creation of Supplier Relationship Management Process,” pp. 1–117, 2015.

J. Park, K. Shin, T. Chang, and J. Park, “An integrative framework for supplier relationship management,” Ind. Manag. Data Syst., vol. 110, no. 4, pp. 495–515, Jan. 2010, doi: 10.1108/02635571011038990.

Normah, B. Rifai, S. Vambudi, and R. Maulana, “Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 2, pp. 174–180, 2022, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

J. I. Komputer and M. Jikem, “Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM),” vol. 2, no. 1, pp. 2153–2159, 2022.

P. S. Chain, P. Supply, and C. Management, “2.1.2 Pengertian Supply Chain Management,” pp. 13–40, 2014.

A. Putra, Z. J. H. Tarigan, and H. Siagian, “Influence of Information Quality on Retailer Satisfaction through Supply Chain Flexibility and Supplier Relationship Management in the Retail Industry,” J. Tek. Ind., vol. 22, no. 2, pp. 93–102, 2020, doi: 10.9744/jti.22.2.93-102.

N. Shofiani, “Segmentasi Supplier Menggunakan Metode K- Means Clustering ( Studi Kasus : Ptpn X Pg Meritjan ),” 2017.

N. Yuliana, “Integrasi Evaluasi Bahan Baku Dan Supplier Untuk Merumuskan Strategi Supplier Relationship Management Di Cv. Kajaye Food Malang,” 2018.

R. F. Olsen and L. M. Ellram, “A portfolio approach to supplier relationships,” Ind. Mark. Manag., vol. 26, no. 2, 1997, doi: 10.1016/S0019-8501(96)00089-2.

A. E. Munthafa, H. Mubarok, J. Teknik, and I. Universitas, “Application of the Analytical Hierarchy Process Method in the Decision Support System for Determining Outstanding Students,” J. Siliwangi, vol. 3, no. 2, pp. 192–201, 2017.

Ifwadh Hakim, “TECHNIQUE OF ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus: CV. Bahana Raya),” no. 31601800043, 2023.

J. Haekal and H. Setio, “Selection of Raw Material Suppliers Using Analytical Hierarchy Process in Food and Beverage Company, South Jakarta,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl., vol. 8, no. 2, p. 63, 2017, doi: 10.21512/comtech.v8i2.3747.

M. I. Dwiputranti, A. Oktora, and D. Permadi, “Penentuan Permintaan dan Nilai Tambah Produk Industri Kreatif Pada Pasar Lokal,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 15, no. 1, p. 11, 2016, doi: 10.23917/jiti.v15i1.1142.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.