Analisa Produktivitas Berdasarkan Pendekatan Metode American Productivity Center (APC) Dan Marvin E Mundel Di CV. Nipson Industrial Coating

Sodo Rizky Prastyo, Lukmandono Lukmandono

Abstract

Persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini menuntut setiap perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. CV. Nipson Industrial Coating adalah perusahaan yang bergerak untuk memproduksi thinner dan coating. Perusahaan ini belum pernah melakukan pengukuran produktivitas. Oleh karena itu, penting dilakukannya pengukuran produktivitas guna mengetahui faktor yang menyebabkan terjadi penurunan produktivitas. Penelitian ini ditujukan untuk mengukur tingkat produktivitas, mencari akar permasalahan produktivitas dan memberikan suatu usulan peningkatan produktivitas. Perhitungan indeks produktivitas menggunakan metode American Productivity Center (APC) dan Marvin E Mundel. Input penelitian terdiri dari biaya tenaga kerja, material, energi dan modal dalam periode bulan Januari 2017 sampai Desember 2018. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa adanya penurunan produktivitas. Melalui metode APC didapat nilai rata-rata produktivitas total sebesar 95,72%. Sedangkan dengan metode Marvin E Mundel didapat nilai rata-rata produktivitas total sebesar 99,26%.

Kata kunci: Indeks Produktivitas, American Productivity Center (APC), Marvin E Mundel

Full Text:

PDF

References

D. Sinaga, “Analisis produktivitas dengan metode marvin e. mundel pada pt. karya murni perkasa,” 2015.

S. P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.

H. Suliantoro, A. Arvianto, and P. S. Kusumo, “ANALISA DAN EVALUASI PRODUKTIVITAS MELALUI PENDEKATAN THE AMERICAN PRODUCTIVITY CENTER MODEL (APC) (Studi Kasus di PT. Gratia Husada Farma),” vol. 2, no. I, 2016.

P. Fithri and R. Y. Sari, “ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS,” vol. 14, no. 1, pp. 138–155, 2015.

K. S. Rejeki, S. Sinulingga, and U. Tarigan, “Evaluasi dan Analisis Produktivitas dengan Menggunakan Metode Marvin E. Mundel di PT.XYZ,” e-Jurnal Tek. Ind. FT USU, vol. 2, no. 1, pp. 48–53, 2013.

A. H. Nasution, Manajemen Industri, Ed. 1. Yogyakarta: Andi, 2007.

A. D. Purwanti, R. Astuti, and P. Deoranto, “Analisis Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Marvin E . Mundel ( Studi Kasus di UD . Sabar Jaya Malang ),” 2014.

T. Daryanto, Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.