Analisis Strategi Persaingan Air Mineral Dengan Menggunakan Metode Markov Chain Dan Game Theory

iis riyana

Abstract

Air Mineral dalam kemasan merupakan air yang mengandung bahan-bahan larut lain dan memberi nilai-nilai lain yang di kemas dalam bentuk ekonomis dan menarik. Semakin berkembangnya persaingan semakin banyak pula Merk Air Mineral di pasaran. Penelitian ini membahas tentang analisis strategi menggunakan metode Markov chain dan game theory. Metode ini dapat menemukan strategi yang kompetitif sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan menemukan strategi baru untuk bertahan di pasar. Terdapat empat merk yang digunakan untuk membangun matriks matriks dan game theory.Dari hasil analisis Markov Chain maka di temukan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk state A (Aqua) berpindah ke state L (Le Mineral) adalah sebesar 8 periode (bulan), dan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk state C (Club) berpindah ke state L (Le Mineral ) adalah sebesar dua periode (bulan). Dan untuk hasil Game Theory perbandingan Aqua vs Nestle Di peroleh strategi optimal bagi Aqua, yaitu Strategi X2 (Desain) dan Strategi X4 (warna) dengan besar permainan (value of games) sebesar -11 yang artinya keuntugan terbesar bagi Aqua adalah -11 sedangkan bagi Nestle Di peroleh strategi optimal, yaitu Strategi Y2 (Desain) dan Strategi Y4 (warna) dengan besar permainan (value of games) sebesar -11 yaitu kerugian terkecil bagi nestle adalah -11. Untuk perbandingan Aqua vs Le Mineral di peroleh strategi optimal yaitu 24 dengan menggunakan streategi murni yang artinya keuntungan terbesar bagi Aqua adalah 24 dan kerugian terkecil bagi nestle adalah 24.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.