PENGARUH JENIS FILTER FULL CIRCLE DAN HALF CIRCLE DARI CATALYTIC CONVERTER TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN PERFORMA ENGINE
Abstract
Semakin banyaknya kendaraan pada saat ini menimbulkan juga semakin banyak polusi hasil sisa pembakaran kendaraan, semakin banyaknya polusi berakibat buruk bagi lingkungan dan tentunya bagi manusia. Dari persoalan permasalahan polusi sisa pembakaran ini, maka dilakukanlah penelitian ini untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan menggunakan catalytic converter bahan kuningan dengan jenis filter full circle dan half circle. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan putaran mesin idle yaitu 2000 rpm menggunakan sepeda motor Revo Absolute, pengujian ini menggunakan gas analyzer dan dynotest. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah penurunan kadar emisi gas buang Karbon Monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) pada sepeda motor Absolute Revo menggunakan catalytic converter jenis filter half circle. Penggunaan catalytic converter jenis filter half circle mendapatkan hasil emisi gas buang yang lebih rendah dari pada catalytic converter jenis filter full circle dan knalpot standart.sebagai contoh hasil emisi gas buang CO yang dihasilkan sebesar 1,19 % (half circle), 1,7 % (full circle), 2,1 % (knalpot standart). Sedangkan emisi gas buang HC menghasilkan 1009 ppm (half circle), 1517 ppm (full circle), 1857 ppm (knalpot standart). Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa menggunakan catalytic converter bahan kuningan dapat menurunkan kadar emisi gas buang kendaraan. Dari sisi performa engine daya dan torsi hampir sama baik untuk full circle dan half circle.
Kata Kunci : Catalytic Converter, Kuningan, Emisi Gas Buang, Motor Bakar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.