Analisis Strategi SWOT pada Perancangan Organisasi Industri Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Sepatu Kanvas Abyakta Shoerabaya Store

Ryan Indra Rachmawan, Ayumi Hanafuki, Vitho Azeryan, Lia Amanda Putri, Achmad Alison Gymnastiar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi SWOT sebagai upaya pengembangan usaha sepatu kanvas Abyakta Shoerabaya Store. Analisis dilakukan terhadap kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan tantangan (threath) yang dihadapi oleh bisnis tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis Abyakta Shoerabaya Store layak dijalankan dengan hasil analisis SWOT yang relevan. Penelitian dapat disimpulkan bahwa bisnis produk sepatu kanvas yang diproduksi oleh Abyakta Shoerabaya Store layak untuk dikembangkan. Metode-metode perhitungan yang digunakan menunjukkan hasil yang memperkuat keputusan tersebut. Kesimpulan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pemilik usaha dalam mengambil keputusan strategis untuk pengembangan lebih lanjut.

References

D. Hajrianti, “Diajukan Kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Untuk Memenuhi sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Ilmu Komunikasi (S.I.Kom),” no. 5331, 2023.

Chamdan Purnama and Suyanto, “Motivasi dan Kemampuan Usaha Dalam meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Kecil (Studi Pada Industri Kecil Sepatu di Jawa Timur),” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 12, no. 2, p. pp.177-184, 2010.

R. D. Sianturi, “Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM,” J. Bus. Econ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 45–50, 2020, doi: 10.47065/jbe.v1i1.118.

L. Bismala and S. Handayani, “Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT,” Pros. Semin. Nas. PB31 ITM, pp. 437–446, 2014.

D. P. Faeni, J. Jumawan, N. Fitri, and S. W. Putri, “Penggunaan Analisis SWOT untuk Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan,” vol. 4, no. 1, 2024.

W. Syafa’at and A. Wahid, “Strategi Pemasaran Produk Sepatu Menggunakan Metode Analisis Swot Dengan Matrik Ifas Dan Efas Di Pt. Bagoes Tjipta Karya,” J. Knowl. Ind. Eng., vol. 7, no. 3, pp. 108–117, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/jkie

N. Atik, “Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix,” AmaNu J. Manaj. dan Ekon., vol. 4, no. 2, pp. 192–202, 2021.

T. H. Suryatman, M. E. Kosim, and G. E. Samudra, “Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Analisis Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sepatu Adidas Di Pt. Panarub Industry,” J. Ind. Manuf., vol. 6, no. 1, p. 43, 2021, doi: 10.31000/jim.v6i1.4117.

S. Meningkatkan, P. Product, S. Alat, and B. Dengan, “Jurnal SENOPATI,” pp. 105–114, 2023.

A. R. Nurdianti, H. Prastawa, and W. Budiawan, “Organisasi Pada Umkm Handycraft Dan Tas Di Semarang,” Ind. Eng. J. Vo, vol. 6, no. 2, p. 11, 2017.

Y. Mayasari Ginting, K. Grace, S. Chandra, and R. Desmawanto Nainggolan, “SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Knowledge Management Terhadap Inovasi Dan Daya Saing Berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage),” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 2, pp. 367–383, 2023.

K. Usaha, M. Kecil, and D. A. N. Menengah, “Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm),” J. Bisnis Akunt. Unsurya, vol. 5, no. 2, pp. 61–76, 2020, doi: 10.35968/jbau.v5i2.430.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.