Analisis Engine Propeller Matching Pada Kapal X Akibat Modifikasi Lambung Untuk Mendapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal

Achmad Jamaluddin Sudaryono, Erifive Pranatal

Abstract

Modifikasi atau perubahan pada lambung kapal akan mempengaruhi perubahan ukuran-ukuran pokok kapal yang mengakibatkan aspek-aspek teknis kapal juga akan terpengaruh. Pada penelitian ini dilakukan Analisa terhadap modifikasi penambahan panjang kapal pada parallel middle body kapal dan pengaruhnya terhadap sistem propulsi yang ada pada kapal. Berdasarkan analisa didapatkan pada kapal yang telah dilakukan penambahan panjang terjadi penambahan nilai tahanan kapal, dimana sebelum modifikasi  nilai tahanan sebesar 94,265 kN sedangkan setelah modifikasi 102,072 kN. Berdasarkan nilai tahanan kapal yang berubah kemudian dilakukan analisa dan dipilih propeller yang sesuai dengan tahanan kapal dan mesin utama. Tipe propeller B4-40 dipilih dengan nilai diameter 1,873,  P/D 0,773 dan nilai efisiensi sebesar 0,595. Tipe propeller B4-40 juga memiliki nilai τc burril lebih besar dibandingkan dengan nilai τc cal sehingga pada saat operasional propeller tidak mengalami kavitasi dan diketahui juga pada kondisi mesin 0,85 MCR kecepatan (Vs) yang mampu adalah 12,434 knot pada 792,71 RPM dengan kondisi desain atau clean hull, sedangkan pada kondisi dinas atau rough hull adalah 12,274 knot pada 785,009 RPM. Nilai matching point menghasilkan daya 97,55 % pada 97,07% RPM pada kondisi clean hull, sedangkan 96,76 % daya pada 96,13 % RPM pada kondisi rough hull.

References

Sutiyar (1994). Kamus Istilah Pelayaran dan Perkapalan. Jakarta: Pustaka Beta

Nugroho P. N. A. (2020). Efek Penambahan Panajang Terhadap Struktur Konstruksi Alas Ganda Kapal Roro.

Hidayanti H. N. (2020) Analisis Penentuan Batasan Tinggi Gelombang Pada Kondisi Operasional Kapal Ferry Akibat Pengaruh Modifikasi Penambahan Panjang Kapal (Parralel Middle Body). Diploma Thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Pranatal, E. (2022) Studi Interaksi Kapal – Propeller Pada Planning Hull Akibat Perbedaan Sudut Deadrise.

Mairuhu, T. (2010). Perubahan Bentuk Lambung Kapal Terhadap Kinerja Motor Induk

Harvald, Sv, Aa. (1992). Tahanan dan Propulsi Kapal, Airlangga University Press, Surabaya.

Nurhadi N. dkk. (2018). Study of Engine Propeller Matching For High-speed Vessel With Gawn Series Propeller.

ITTC (2002) Recommended Procedure and Guideliness Testing and Extrapolation Method Propulsion, Propulsor Open Water Test.

Paska, A. (2016). Analisa Engine Propeller Matching Pada Kapal Perintis Baru Type 200 Dwt Untuk Mendapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal.

Haryanto, E. (2018) Pengaruh Modifikasi Buritan Speed Boat Terubuk Express 6 Terhadap Kecepatan Kapal. Inovtek Polbeng 8 (2), 297, 2018

Lewis, (1988). Principles of Naval Architecture, second revision. In Society of Naval Architecs and Marine Engineers: Vol. II.

Adji, S.W (2005), Engine Propeller Matching

Holtrop, J., & Mennen, G. G. J. (1982). An Aproximate Power Prediction Method.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.