Analisis Perencanaan Sumber Daya Manusia Pada Parusahaan PT. Elang Jagad Guna Mengetahui Kebutuhan SDM Dengan Metode WISN (Workload Indicator Staff Need)

Muhammad Ilham, Nurlivia Safira Hartono, Petra Eka

Abstract

Sebuah kegiatan dikatakan mendapatkan hasil yang baik dan maksimal jika perencanaan yang disusun sebelumnya dieksekusi secara matang. Lewat perencanaan SDM, kebutuhan sebuah organisasi terhadap SDM dari segi kualitas dan kuantitas dapat dipersiapkan dan diantisipasi lebih awal. Hal ini untuk mencegah timbulnya permasalahan kelebihan karyawan dan/atau ketidaksesuaian kompetensi antara karyawan yang tersedia dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pekerjaan/ organisasi. WISN (Workload Indicator Staff Need) merupakan indikator yang menunjukkan besarnya kebutuhan tenaga kerja di suatu tempat berdasarkan beban kerja, hal ini menyebabkan alokasi/relokasi akan lebih mudah dan rasional. Hasil pengamatan digunakan untuk menghitung standar beban kerja dan kebutuhan SDM pada unit kerja perusahaan. Hasilnya jumlah tenaga kerja pada perusahaan PT. Elang Jagad sudah mencukupi untuk setiap bidang unit kerja untuk menjalankan aktifitas di bidang kerjanya.

References

Adityawarman, Yudha, Bunasor Sanim dan Bonar M Sinaga. 2015. Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk Cabang Krekot.Jurnal Manajemen dan OrganisasiVol VI, No 1, April 2015.

Agung T.,Roy Johan,Wayan Gede Supartha dan I Gede Riana. 2014. Pengaruh Kepemimpinan TransformasionalTerhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan(Sudi Kasus Pada PT. Pandawa). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 3.9 (2014) :533-550ISSN : 2337-3067. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali.

Anita,Julia, Nasir Aziz dan Mukhlis Yunus. 2013. Pengaruh Penempatan dan Beban Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya Pada Prestasi KerjaPegawai Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala ISSN 2302-0199 Pages pp. 67- 77.

Ramadhan, R., Tama, I. P., Ph, D., & Yanuar, R. (2014). Analisa Beban Kerja Dengan Menggunakan Work Sampling Dan Nasa - Tlx Untuk Menentukan Jumlah Operator ( Studi Kasus : Pt Xyz ) Analysis Of Workload With Work Sampling And Nasa - Tlx To Determine The Number Of Operators ( Case study : PT XYZ ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 2(5), 964–973. http://jrmsi.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jrmsi/article/viewFile/142/175

Rubio, S., Díaz, E., Martín, J., & Puente, J. M. (2004). Evaluation of Subjective Mental Workload: A Comparison of SWAT, NASA-TLX, and Workload Profile Methods. Applied Psychology, 53(1), 61–86. http://doi.org/10.1111/j.1464-0597.2004.00161.x

Rusindiyanto, N. M., & Pailan. (2016). Pengukuran Beban Kerja Karyawan Bagian Produksi Dengan Metode NASA-TLX Di PT. Cat Tunggal Djaja Indah, 15–25. http://eprints.upnjatim.ac.id/7101/1/2._Rusindiyanto.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.