Analisa Komponen Kritis Dan Penerapan Reliability Centered Maintenance II (RCM II) (Studi Kasus: Gas Turbine Compressor (GTC) Pada Fasilitas Eksplorasi Dan Produksi Lepas Pantai PT.X)

Auladan Prayoga Dhaneswara, Fuad Achmadi

Abstract

Peningkatan permintaan energi membuat industri migas memicu produksi dan keandalannya. Gas Turbine Compressor (GTC) merupakan salah satu peralatan vital dalam operasi produksi minyak dan gas. Karena vitalnya operasi GTC, diperlukan metode perawatan untuk mengoptimalkan keandalannya dan menentukan pola operasi yang tepat menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan komponen utama definitif kritis penyebab kegagalan dari sisi turbin gas masing-masing adalah piping system, ventilation fan, control unit, intrument pressure, valves, instrument temperature, instrument speed dan filter. Sedangkan dari sisi kompresor sentrifugal adalah instrument temperature, antisurge system, dan control unit. Dalam realisasinya di lapangan, sistem perawatan GTC diklasifikasikan menjadi 7 subsistem utama, antara lain start system, fuel system, electrical and control system, lube oil system, turbine engine system, HPC compressor system, dan seal system. Manajemen pemeliharaan dirancang untuk mengakomodir semua subsistem ini, antara lain  scheduled restoration tasks, scheduled discarded tasks, and scheduled on condition tasks pada interval perawatan yang telah ditentukan berdasarkan RCM II Decision worksheets.

Full Text:

PDF

References

Adigama, A.S., “Penyusunan Schedule Perawatan Sepeda Motor Honda Supra X 125 Sub-Assembly Rem Berbasis Reliability Centered Maintenance (RCM)”, Disertasi Program Doktor, Universitas Diponegoro, p. 6-21, 2011.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, “Outlook Energi Indonesia”, vol. 1, p. 37-39,2019.

Brun, K., Kurz, R., “Introduction to Gas Turbine Theory”, vol. 4, p. 19-149, 2019.

Goble, W.M., Bukowski, J.V., “Comparing FMEDA predicted failure rates to OREDA estimated failure rates for sensor and valve assemblies”, Villanova University, 2017.

Liberackl, R., “Selected aspects of determining of the reliability of the pump subsystems with redundancy, used in main engine auxiliary systems”, Journal of POLISH CIMAC, Faculty of Ocean Engineering & Ship Technology, GDABSK University of Technology, vol. 1, p. 3-6, 2010.

Mohammed, A. et al., “Reliability-based preventive maintenance strategy of truck unloading systems”, MDPI Journal applied sciences, vol. 10, p. 9-10, 2020.

Moss, T.R., “Rotating Machinery Reliability”, Loughborough University, p. 12-56, 1999.

Satiawan, B., “Pengaplikasian perkuliahan teknik pondasi & mekanika tanah dalam mendukung kehandalan industri migas”, Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2018, p. 2, 2018.

SINTEF Industrial Management, “Offshore Reliability Data Handbook”, vol. 6, p. 59-95, 2015.

Spruntrup,F.S. et al , “Reliability improvement of compressors based on asset fleet reliability data”, Norwegian University of Science and Technology, Elsevier, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.