Pengendalian Kualitas Menggunakan Pendekatan Six sigma sebagai Upaya Perbaikan Produk Defect (Studi Kasus: Departemen Produksi PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk)

Novan Novan, Suhartini Suhartini

Abstract

Di era Industri 4.0 ini setiap perusahaan dihadapkan pada perubahan lingkungan bisni yang sangat cepat dan kompetitif. Perusahaan bersaing baik di pasar lingkup local maupun internasional,.kualitas produk sangatlah penting bagi perusahaan untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi risiko terjadinya kantong zak semen cacat yang ada di PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, dengan menggunakan metode six sigma yaitu DMAIC (define, measure, analzys, improve, control). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa ada beberapa bagian cacat pada kantong semen yaitu kantong pecah pada bagian mulut, body, dan lem kantong zak semen. Dari ketiga jenis cacat tersebut yang paling banyak mengalami cacat adalah pada body kantong zak semen. Factor-faktor penyebab yang membuat kantong zak semen cacat adalah operator, conveyor, dan kantong zak semen yang lolos inspeksi. Sementara itu usulan perbaikan yang dapat diberikan berdasarkan metode DMAIC adalah peningkatan kinerja dan kewaspadaan operator saat kantong zak semen berada di atas conveyor, pengecekan masing-masing mesin dan conveyor sehingga dapat mengantisipasi kejadian kantong cacat, dilakukan control secara visual agar terhindar dari kantong zak semen yang tersangkut dengan mur atau baut yang ada di dalam conveyor.

Full Text:

PDF

References

H. Sirine, E. P. Kurniawati, S. Pengajar, F. Ekonomika, D. Bisnis, and U. Salatiga, “PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus pada PT Diras Concept Sukoharjo),” AJIE-Asian J. Innov. Entrep., vol. 02, no. 03, pp. 2477– 3824, 2017, [Online]. Available: http://www.dirasfurniture.com.

U. Habibah and Sumiati, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura,” J. Ekon. , Bisnis Entrep., vol. 1, no. 1, pp. 31–48, 2016.

A. Lusiana, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Metode Six sigma Pada Pt. Sandang Nusantara Unit Patal Secang,” pp. 1–99, 2007.

O. Yemima, D. A. Nohe, and Y. N. Nasution, “Penerapan Peta Kendali Demerit dan Diagram Pareto Pada Pengontrolan Kualitas Produksi ( Studi Kasus : Produksi Botol Sosro di PT . X Surabaya ) The Application of Demerit Control Chart and Pareto Diagram on Quality Control of Production ( Case Study : The,” vol. 5, pp. 197–202, 2014, [Online]. Available: https://fmipa.unmul.ac.id/files/docs/14.[23] Jurnal Ola Yemima Edit.pdf.

L. W. Amalia, M. Harisudin, P. Mandasari, J. Ir, and S. No, “AGRISTA : Vol . 5 No . 3 September 2017 : 192-202 ISSN : 2302-1713 APLIKASI DIAGRAM FISHBONE DALAM PENGENDALIAN MUTU JAMUR KUPING KERING ( STUDI KASUS PADA UD SKY AGRO KABUPATEN KARANGANYAR ) Lita Wahyu Amalia : Aplikasi Diagram …. PENDAHULUAN Menurut Tha,” vol. 5, no. 3, pp. 192–202, 2017.

D. Caesaron and S. Y. P. S. Simatupang, “Implementasi Pendekatan DMAIC untuk Perbaikan Proses Produksi Pipa PVC (Studi Kasus PT. Rusli Vinilon),” J. Metris, 16 91-96, vol. 16, pp. 91–96, 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.