Monitoring Perubahan Tegangan dan Pemodelan Matematika Fungsi Transfer Motor BLDC Dengan System Identification Toolbox

Izza Anshory, Dwi Hadidjaja, Indah Sulistiyowati

Abstract

Pengaturan kecepatan motor Brushless Direct Current (BLDC) di kendaraan sepeda listrik memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi penggunaan energi. Tujuan penelitian ini adalah melakukan optimisasi kontrol kecepatan motor BLDC di sepeda listrik sehingga respon transien semakin meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada beberapa tahap, yang pertama melakukan identifikasi sistem melalui monitoring dan perekaman data input dan output. Tahap kedua adalah melakukan pemodelan matematika berdasarkan data input dan output hasil pengukuran. Dan tahap ketiga adalah melakukan optimisasi kontrol kecepatan melalui penalaan parameter kontroler Proportional Integral Derivative (PID). Indikator keberhasilan optimisasi adalah terjadinya peningkatan respon transien seperti berkurangnya nilai overshoot, nilai rise-time yang cepat, dan tidak memiliki error steady-state. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hardware sistem mampu melakukan monitoring dan perekaman data seperti perubahan tegangan, arus dan kecepatan. Selain itu telah terjadi peningkatan nilai respon transien setelah dioptimisasi dengan menggunakan kontroler PID, yaitu nilai rise time sebesar 0.182 seconds, settling time sebesar 2.33 seconds, dan nilai overshoot 0 %.

Full Text:

PDF

References

D. Florez et al., “Development of a bike-sharing system based on pedal-assisted electric bicycles for bogota city,” Electron., vol. 7, no. 11, 2018.

I. V. McLoughlin et al., “Campus Mobility for the Future: The Electric Bicycle,” J. Transp. Technol., vol. 02, no. 01, pp. 1–12, 2012.

I. Anshory, D. Hadidjaja, and R. B. Jakaria, “Bldc Motor : Modeling and Optimization Speed Control Using Firefly Algorithm,” Dinamik, vol. 25, no. 2, pp. 51–58, 2020.

S. A. K. Mozaffari Niapour, G. Shokri Garjan, M. Shafiei, M. R. Feyzi, S. Danyali, and M. Bahrami Kouhshahi, “Review of Permanent-Magnet Brushless DC motor basic drives based on analysis and simulation study,” Int. Rev. Electr. Eng., vol. 9, no. 5, pp. 930–957, 2014.

H. B. Suryadipraja, J. Jamaaluddin, T. Elektro, and U. M. Sidoarjo, “Pengoptimalan Penggunaan Sensor Uvitron Pada Robot Berkaki Dalam Mendeteksi Keberadan Titik Api Dengan Sebuah Lilin,” pp. 206–210.

I. Anshory and I. Robandi, “Identification and Optimization Speed Control of BLDC Motor Using Fuzzy Logic Controller,” vol. 7, pp. 267–271, 2018.

B. Kumar, S. K. Swain, and N. Neogi, “Controller Design for Closed Loop Speed Control of BLDC Motor,” vol. 9, no. 1, 2017.

I. D. . Karyatanti, B. Dewantara, and D. Rahmataullah, “Turn To Turn Short Circuit Classification In Induction Motor Stator Windings Caused By Isolation Failure Using Neural Network (NN) Method,” JEEE-U (Journal Electr. Electron. Eng. UMSIDA, vol. 4, no. 2, pp. 102–114, 2020.

I. Anshory, I. Robandi, and Wirawan, “Monitoring and optimization of speed settings for Brushless Direct Current (BLDC) using Particle Swarm Optimization (PSO),” in Proceedings - 2016 IEEE Region 10 Symposium, TENSYMP 2016, 2016.

G. S. Shehu, A. B. Kunya, I. H. Shanono, and T. Yalcinoz, “A Review of Multilevel Inverter Topology and Control Techniques,” vol. 4, no. 3, pp. 233–241, 2016.

S. Rachad, H. Fouraiji, and B. Bensassi, “Identification approach for a production system using ARX model,” Proc. 2nd IEEE Int. Conf. Logist. Oper. Manag. GOL 2014, pp. 93–97, 2014.

M. A. Ibrahim, A. K. Mahmood, and N. S. Sultan, “Optimal PID controller of a Brushless DC motor using genetic algorithm,” Int. J. Power Electron. Drive Syst., vol. 10, no. 2, pp. 822–830, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.