Integrasi Metode Objective Matrix (OMAX) dan Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) untuk Meningkatkan Produktivitas (Studi Kasus Departemen Produksi PT. XYZ)

Suliswanto Suliswanto, Rony Prabowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang terjadi pada PT. XYZ tentang rendahnya produktivitas sehingga perlu untuk dilakukan pengukuran produktivitas. Untuk dapat menganalisis penyebab rendahnya produktivitas tersebut, maka Peneliti melakukan pengukuran produktivitas dengan menggunakan metode OMAX evaluasi tingkat produktivitas yang diperoleh dari perhitungan OMAX nilai overall productivity dapat diketahui bahwa produktivitas terbaik terjadi pada bulan Oktober 2019 yaitu sebesar 1000. Sedangkan untuk produktivitas terburuk terjadi pada bulan Juni 2019 dan Nopember 2019 masing-masing yaitu sebesar 165. Dari hasil pengukuran tersebut telah diketahui bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya produktivitas terlihat pada tenaga kerja. Oleh sebab itu peneliti menganalisa secara lebih spesifikasi melalui pengukuran kinerja dengan menggunakan Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) untuk menganalisis Human error apa saja yang menyebabkan produktivitas rendah. Melalui metode Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) adalah Kebijakan dari masing masing group tidak sama dengan nilai 0.7, Operator tidak aware dengan nilai 0.6, Operator kurang aktif dengan nilai 0.6, Kurang perhatian dengan nilai 0.5, Kurang kepedulian 0.5, Kurang perhatian dengan nilai 0.5, Kurang pengawasan dengan nilai 0.4, dan Tidak professional dengan nilai skala probabilitas 0.4, maka dari itu diketahui bahwa aktivitas yang menunjukkan bahwa penyebab produktivitas rendah meliputi kegiatan Kebijakan dari masing masing group tidak sama, operatotor tidak aware, operator kurang aktif, kurang perhatian, kurang kepedulian, kurang pengawasan dan tidak professional.

Full Text:

PDF

References

Suhendar, E. (2010). Perancangan Siklus Produktivitas Sebagai Strategi Peningkatan Kinerja dan Daya Saing PT X (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Packaging). Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 3(3), 249– 257.

Syarifuddin, H., Novianti, S., & Adriani. (2017). Analisis Indeks Kepekaan Ekologi Terhadap Hijauan Pakan di Bawah Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 20(1), 25– 32

Duffey, R. B., & Ha, T. (2010). Human Reliability: Benchmark and prediction. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part O: Journal of Risk and Reliability, 224(3), 185– 196.

McCornick, P. G., Merola, R. B., ... & Jeuland, M. (2014). The effect of non-fluoride factors on risk of dental fluorosis: Evidence from rural populations of the Main Ethiopian Rift. Science of the total environment, 488, 595-606.

Bain, D. (1992). The Productivity Prescription. Mc Graw-Hill Book Company

Refbacks

  • There are currently no refbacks.