Usulan Rancangan Tata Letak Fasilitas Proses Replating Kapal dengan Menggunakan Metode ARC dan ARD (Studi Kasus di Sbu Galangan Pelni Surya)

Andy Dwiky Alamsyah, Suhartini Suhartini

Abstract

Perancangan Tata Letak Fasilitas (PTLF) adalah metode yang digunakan untuk memanage tata letak tiap area perusahaan hingga tiap-tiap fasilitas produksi perusahaan. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan area produksi yang baik sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi seperti (keselamatan, efisiensi dan efektifitas). Penelitian dilakukan di SBU Galangan PELNI Surya Surabaya, dimana kegiatan perusahaan merupakan jasa reparasi kapal. Pelaksanaan penelitian berfokus pada proses replating kapal yang dilakukan dibagian dock perusahaan. Adapun metode yang digunakan adalah Activity Relationship Chart (ARC) dan Activity Relationship Diagram (ARD). Beberapa tahap produksi dan pengukuran area produksi dilakukan untuk mendapatkan data yang diinginkan. Data awal didapatkan layout awal dengan total jalur proses produksi sebesar 221,97 m, kemudian setelah dilakukan proses pengolahan data didapatkan layout alternatif berdasarkan metode ARC dan ARD dengan total jalur proses produksi sebesar 159,12 m. Dengan nilai prosentase perbandingan layout awal dengan layout alternatif sebesar 28,3%.

Full Text:

PDF

References

Y. Morena and M. Siska, “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik Pembuatan Batu Bata,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun. dan Ind., vol. 0, no. 0, 2011.

Y. T. Hapsari and K. Kurniawanti, “Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Peyek,” J. Terap. Abdimas, vol. 5, no. 1, p. 35, 2020, doi: 10.25273/jta.v5i1.4644.

N. D. Safitri, Z. Ilmi, and M. Amin, “Analisis Perancangan Tataletak Fasilitas Produksi menggunakan Metode Activity Relationship Chart (ARC),” J. Manaj., vol. 9, no. 1, p. 38, 2018, doi:

29264/jmmn.v9i1.2431.

A. Prastiono, “LETAK FASILITAS PRODUKSI UNTUK EFEKTIFITAS JARAK MATERIAL HANDLING,” 2019.

M. R. Rosyidi, “Analisa tata letak fasilitas produksi dengan metode ARC, ARD, dan AAD di SBU XYZ,” J. Tek. Ind., vol. 16, no. 1, pp. 82–95, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.