Pengukuran Kinerja Pegawai Dengan Pendekatan Human Resources Scorecard dan Analytical Hierarchy Process di Direktorat Sistem Informasi & Digitalisasi Universitas Airlangga Surabaya

Sani Iman Pribadi, Made Kamisutara

Abstract


Direktorat Sistem Informasi dan Digitalisasi (DSID) Universitas Airlangga (UNAIR) memiliki visi menjadi direktorat yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, namun saat ini masih belum tersedia suatu sistem pengukuran kinerja sumber daya manusia (SDM) yang baku dan bersifat komprehensif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja melalui konsep Human Resources Scorecard (HRSC) dengan melakukan perancangan alat pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard, selanjutnya bobot tingkat kepentingan masing-masing perspektif, kriteria tujuan, dan indikator kinerja dihitung menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi data Key Performance Indicator (KPI), wawancara Pimpinan, dan pengumpulan data primer yang diperoleh melalui survey menggunakan kuesioner terhadap pegawai DSID UNAIR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 16 dari 17 KPI yang terverifikasi tepat untuk mengukur kinerja. Analisis sudut pandang HRSC menunjukkan bahwa setiap kriteria dan KPI dinyatakan konsisten dengan prioritas pertama adalah kriteria Proses Bisnis Internal dan setelah dilakukan pembobotan dengan metode AHP, KPI terpenting adalah persentase kehadiran dan jenjang pendidikan. Hasil dari pengukuran kinerja pegawai menggunakan scoring system dan traffic ligth system menunjukkan bahwa kinerja unit telah mencapai performa yang diharapkan dan semua kriteria serta KPI telah memenuhi dan melampaui target yang telah ditetapkan oleh unit kerja.

Keywords


Analytical Hierarchy Process; Human Resources Scorecard; Key Performance Indicator; Scoring System

Full Text:

PDF

References


Costa, I. J. Da, Pribadiyono, & Negoro, R. M. B. K. (2021). Pengukuran Kinerja Karyawan (Human Capital) dengan Metode Human Resource Scorecard di PT. Inktech Indahmulya. EkoBis, 1(3).

Sahaya, A. R., & Wahyuni, H. C. (2017). Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Human Resources Scorecard Dan AHP (Studi Kasus : PT. Bella Citra Mandiri Sidoarjo). Dalam Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (Vol. 4, Nomor 2).

Lorisa, C., & Doaly, C. O. (2017). Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Dengan Human Resource Scorecard Di PT. Trio Jaya Steel. Jurnal Teknik Industri, 7(3).

Afifah, A., Syakhroni, A., & Khoiriyah, N. (2022). Performance Measurement Analysis of PT Pijar Sukma Using Performance Prism, Analytical Hierarchy Process (AHP), and Objective Matrix (OMAX) Methods. Journal of Applied Science and Technology, 2(01). https://doi.org/10.30659/jast.2.01.34-41.

Lubis, A. S., & Alfi Amalia. (2021). Employee Performance Assessment With Human Resources Scorecard And AHP Method (Case Study : PT PLN (PERSERO) North Sumatra Generation). Journal Of Management Analytical and Solution (JoMAS), 1(2). https://doi.org/10.32734/jomas.v1i2.6287.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sani Iman Pribadi, Made Kamisutara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.