Game Edukasi Visual Novel Pengenalan Sejarah Peristiwa Rengasdengklok

Fajar Ali Mukti, Nanda Andrianto, Andy Rachman

Abstract


Sejarah mencakup rangkaian peristiwa yang terjadi di masa lalu. Sebagai kisah masa lampau, sejarah memberikan pelajaran berharga dan mengingatkan kita tentang pengalaman yang dapat membentuk dan mempengaruhi kehidupan kita saat ini. Dalam era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi informasi berkembang dengan cepat dengan tujuan menciptakan hal-hal yang lebih bermanfaat dan memiliki fungsi yang lebih penting. Salah satu dampak dari kemajuan perkembagan teknologi yaitu membuat berubahnya pola pembelajaran saat ini. Generasi muda memiliki kecenderungan untuk lebih menyukai pembelajaran yang disajikan secara interaktif melalui media video dan animasi. Mereka juga tertarik dengan pendekatan pembelajaran dalam bentuk Game.  Game dapat didefinisikan sebagai aktivitas atau bentuk hiburan yang melibatkan interaksi pemain dengan sistem aturan dan tantangan yang ditawarkan oleh permainan tersebut. Pemain berpartisipasi dalam sebuah simulasi yang terstruktur dan bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan di dalam permainan tersebut. Game Visual Novel adalah salah satu  genre permainan  yang menggabungkan elemen cerita naratif dengan elemen visual. Dalam game visual novel, pemain biasanya mengikuti alur cerita yang ditampilkan dalam bentuk teks, gambar, dan grafik yang menarik. Pemain sering kali memiliki pilihan untuk memengaruhi alur cerita dengan memilih tindakan atau dialog yang berbeda.


Full Text:

PDF

References


Taarelluan, B. A., Tulenan, V., & Paturusi, S. D. (2022). Perancangan Game FPS Peristiwa Trikora Dalam Pembebasan Irian Barat.

Khairani, N., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2021). Perancangan Game 2 Dimensi Petualangan Anak Menyelamatkan Orangtua Sebagai Media Edukatif Bagi Anak Dengan Metode Waterfall. (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 5(1), 19-23.

Pradana, A. G. (2019, October). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 49-53).

Wulandari, E., & Aryanto, H. (2021). Perancangan Desain Karakter Senjata Tradisional Untuk Game Visual Novel Berbasis Powerpoint. BARIK, 2(2), 166-179.

Asyahda, K., & Wibowo, A. P. W. (2023). PERANCANGAN GAME ANDROID NOVEL VISUAL “MALIN KUNDANG” MENGGUNAKAN RENPY VISUAL NOVEL ENGINE. Jurnal Darma Agung, 31(2).

Buana, I. K. S. (2020). Implementasi Aplikasi Speech to Text untuk Memudahkan Wartawan Mencatat Wawancara dengan Python. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(2), 135-142.

Wijaya, I. W. S., KS, I. G. H. W., Setya, I. D. M. A. P., & Permana, I. K. G. R. A. (2021). Program Menghitung Banyak Bata pada Ruangan Menggunakan Bahasa Python. TIERS Information Technology Journal, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fajar Ali Mukti, Nanda Andrianto, Andy Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.