Sistem Manajemen Kegiatan MBKM Berbasis Web di Kampus ITATS Menggunakan Metode Iterative

Ricky Gunawan, M Safi Anwar Anas, Rachmad Maulana Putra, Nanang Fakhrur Rozi

Abstract


Berkembangnya teknologi telah membawa dampak signifikan terhadap aspek kehidupan salah satunya pada bnidang pendidikan. Dengan hadirnya teknologi di dunia pendidikan menjadikan pendidikan mudah diakses dan dijangkau. Pendidikan harus sejalan dengan perkembangan zaman karena itulah hadirnya kebijakan MBKM dari menteri pendidikan dan kebudayaan dapat membuat pendidikan selaras dengan perkembangan zaman. Adanya permasalahan proses administrasi yang rumit ketika hendak mendaftar kegiatan MBKM memunculkan sokusi praktis dari permasalahan tersebut yaitu dengan membuat aplikasi berbasis web yang dapat memudahkan proses administratsi MBKM. Aplikasi kegiatan MBKM adalah aplikasi berbasis web yang dapat memudahkan proses administrasi mahasiswa ketika hendak mengikuti kegiatan MBKM. Aplikasi yang dibuat dapat diakses oleh mahasiswa untuk melakukan pendaftaran kegiatan, dosen untuk melakukan konversi sks, dan koordinaror MBKM untuk mengontrol kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Aplikasi Iterative. Ada beberapa tahapan dalam metode iterative yaitu analisis, desain, implementasi, pengujian, evaluasi, iterasi berikutnya. Aplilkasi ini diharapkan dapat berjalan baik sesuai dengan fungsinya agar dapat berguna bagi mahasiswa, dosen maupun koordinator yang terlibat dalam kegiatan MBKM.

Keywords


Teknologi, Aplikasi, Pendidikan, MBKM

Full Text:

PDF

References


daryanto Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on,” J. Pendidik., vol. X, no. 2, pp. 195–211, 2017.

S. Lestari, “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi,” Edureligia; J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–100, 2018, doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

V. Mandailina, S. Syaharuddin, D. Pramita, I. Ibrahim, and H. Haifaturrahmah, “Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 120–129, 2021, doi: 10.31605/ijes.v3i2.955.

N. Siregar, R. Sahirah, and A. A. Harahap, “Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0,” Fitrah J. Islam. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 141–157, 2020, doi: 10.53802/fitrah.v1i1.13.

P. Nabilah, Y. Mhd, and Nurbaiti, “Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya,” Jpsb, vol. 9, no. 2, pp. 91–98, 2021.

S. F. S. F. Santri Fahmi, “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” At-Tadris J. Islam. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 92–97, 2022, doi: 10.56672/attadris.v2i2.70.

M. F. Maulana, L. Ramadani, and F. M. Al-Anshary, “Pengembangan sistem telemedicine berbasis aplikasi mobile menggunakan metode iterative dan incremental development of a telemedicine system based on mobile applications using itrative and incremental methods,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 5, pp. 9475–9487, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rachmad Maulana Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.