PERBANDINGAN HASIL PREDIKSI LAJU EROSI DENGAN METODE USLE, MUSLE, RUSLE BERDASAR LITERATUR REVIEW

Dwi Mayanti Mega Lesmana, Tedy Agung Cahyadi, Waterman SB Waterman SB, Edy Nursanto, Eddy Winarno

Abstract


Dalam kegiatan penambangan memberikan dampak positifnya untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam membangun infrastruktur, sarana prasarana dan bahan galian yang diambil dapat dimanfaatkan.sedangkan Dampak negatif dari kegiatan pertambangan adalah terjadinya perubahan bentuk lahan yang ada pada kawasan pertambangan dimana dari perubahan bentuk lahan tersebut pada umumnya mengakibatkan erosi dan gerakan massa tanah karena pertambangan yang dilakukan secara tradisional umumnya tidak berwawasan lingkungan karena tidak memiliki perencanaan penambangan. Pada lahan miring sering tidak memperhatikan tindakan konservasi tanah terutama pada penggunaan lahan. oleh karena itu, perlu dilakukan analisis prediksi laju erosi tanah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat erosi yang terjadi dan laju erosi tanah serta arahan untuk melakukan konservasi disekitar area penambangan dengan melihat parameter erosivitas hujan, erodibilitas tanah, panjang dan kemiringan lereng, Praktek pengelolaan lahan,Serta praktek pengelolaan tanaman sehingga dapat mengetahui tingkat erosi dan arah penyebaran erosi yang terjadi di daerah penelitian dengan menggunakan pendekatan metode USLE, metode MUSLE dan metode RUSLE serta memberikan arahan untuk melakukan konservasi lahan.

Keywords


Laju Erosi , Usle, Musle, Rusle

Full Text:

PDF

References


A Adediji, A.M. Tukur and K.A. Adepoju., 2010. Assessment of Revised Universal Soil Loss Equation (RUSLE) in Kastina Area. Kastina State of Nigeria using Remote Sensing (RS) and Geographic Information System (GIS). Nigeria.

Aprillya Nugraheni, Sobriyah, dan Susilowati, 2013. Perbandingan Hasil Prediksi Laju Erosi Dengan Metode Usle,Musle,Rusle Di Das Keduang, E Jurnal Matriks Teknik Sipil. Jawah Tengah.

Arsyad, S. 1989. Konservasi Tanah dan Air. Institut Pertanian Bogor Press. Bogor.

Arsyad, S. 2000. Konservasi Tanah dan Air. Bandung. Arsyad,S. 2010. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.

Asdak, 1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press Yogyakarta.

Avianta Anggoro Santoso , Arief Laila Nugraha , Arwan Putra Wijaya. 2014. Analisis Ancaman Bencana Erosi Pada Kawasan Das Beringin Kota Semarang Menggunakan Sistem Informasi Geografis. Jurnal Geodesi Undip 3 (4),60-68.

Aydin E dan Anta J. 2019. Introduction to Precipitation Runoff Process and Soil Erosion Risk Analysis in a Specific Area of Interest to Design Control Measures, ScienceDirect, India.

Baver L.D, John Wiley dan Sons., 1959. Soil Physics. New York.

Baver L.D, Gardner, dan John Wiley., 1972. Soil Physics. New York.

I Gede Tunas., 2015. Prediksi Erosi Lahan Das Bengkulu Dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Bengkulu.

Maimun Rizalihadi ,Eldina Fatimah dan Lia Nazia., 2013. Modifikasi Metode Musle Dalam Estimasi Erosi Akibat Kehadiran Alur (Rill)Dalam Suatu Das.

Melisa Dwi Desifindiana, Bambang Suharto, Ruslan Wirosoedarmo.2013. Analisa Tingkat Bahaya Erosi pada Das Bondoyudo Lumajang dengan Menggunakan Metode Musle (In Press). Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem Vol. 1 No. 2, Juni, 9-12.

Nur Ikawati, Djoko Legono, Bambang Yulistiyanto., 2019. Prediksi Umur Waduk Logung Berdasarkan Erosi Lahan Dan Hasil Sedimen. Seminar Nasional Teknik Sipil IX. Reshma Paryeen, Uday Kumar., 2012.Integrated

Approach of Universal Soil Loss Equation (USLE) and Geographical Information System (GIS) for Soil Loss Risk Assessment in Upper South Koel Basin, Jharkhand.

S. Abdul Rahaman, S. Aruchamy, R. Jgankumar, S. Abdul Ajeez., 2015. Estimation Of Annual Average Soil Loss, Based On Rusle Model In Kallar Watershed, Bhavani Basin, Tamil Nadu, India

Siregar M.M, Sabrina T. dan Hanum H., 2017. Prediksi Tingkat Bahaya Erosi Dengan Metode USLE Di Perkebunan Kelapa Sawit Di Desa Balian. Jurnal Agroekoteknologi FP USU, Vol.5.No.3, E-ISSN No. 2337- 6597. Palembang.

Ugro Hari Murtiono., 2008. Kajian Model Estimasi Volume Limpasan Permukaan, Debit Puncak Aliran, Dan Erosi Tanah Dengan

Model Soil Conservation Service (Scs), Rasional Dan Modified Universal Soil Loss Equation (Musle) (Studi Kasus Di Das Keduang, Wonogiri)

Yuliyanti I.,2014. Evaluasi Tingkat Erosi Tanah di Kecamatan Sukorejo. Kabupaten Kendael.

Wischmeier, W.H. dan Smith D.D. 1978. Predicting Rainfal Erosion Losses - A Guide to Conserrvation Planning. US Department of Agriculture. Agriculture Handbook.

Wischmeier, W.H, Johnson C.V dan Cross B.V., 1971. “ A soil erodibility nomograph for farmland and construction sites” Jornal of Soil and Water conservation. U.S.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan