PERANCANGAN KAPAL PEMBERSIH SAMPAH (TRASH SKIMMER) UNTUK WILYAH PERAIRAN TELUK SUMENEP

Romzatul Widad, Erifive Pranatal

Abstract


Teluk Sumenep adalah sebuah teluk di Laut Jawa yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Teluk Sumenep adalah salah satu tempat atau wadah masyarakat untuk membuang sampah sembarangan. Kurang diperhatikannya volume sampah yang setiap hari memenuhi perairan Teluk Sumenep menjadi latar belakang dari dilakukannya penulisan ini. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah desain kapal kerja pembersih sampah yang tersebar di perairan laut khususnya perairan Teluk Sumenep. Konfigurasi peralatan geladak dan sistem bongkar muat yang dibuat berdasarkan kebutuhan dan jumlah volume sampah yang terdapat di Teluk Sumenep. Dengan mengasumsikan bahwa luasan wilayah yang ditinjau sebagai rute yang harus ditempuh kapal, maka didapatkan kapasitas muatan sampah yang dapat diangkut kapal yang direncanakan. Desain yang optimum didapatkan melalui metode optimasi dengan variabel, parameter, dan constraints yang telah ditentukan. Yakni berukuran L = 10,7 m, B = 4 m, H = 2 m, T = 1 m. Selanjutnya dari ukuran utama yang diperoleh ini dibuat lines plan dan general arrangements sesuai dengan konfigurasi peralatan bongkar muatnya. Penelitian ini akan menentukan ukuran utama kapal yang direncanakan, kapasitas muatan yang akan diangkut oleh kapal, tahanan dan mesin utama kapal.

Keywords


katamaran, teluk sumenep, kapal sampah

Full Text:

PDF

References


Aulia Muhammad, Idham. Titis Wahyu Pratiwi. Sabella Nisa Saputra. Windy Kamesworo. dan Ardiansyah. (2013). "THE GANERS" Kapal Pembersih Sampah Dengan Sistem Lambung Tiga Sebagai Solusi Pembersih Sampah di Teluk Jakarta. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Chua TE. 2006. The Dynamic of Integrated Coastal Management: Practical Applications in the Sustainable Coastal Development in East Asia. Global Environment Facility/UNDP/PEMSEA. Quezone City. 468 p.

Direktorat pelabuhan dan pengerukan Direktorat jenderal perhubungan laut Departemen perhubungn. 2006. Pedoman teknis Kegiatan Pengerukan dan Reklamasi. Jakarta.

Harjono, Boedi. dan Muhammad Muhadi Eko Prayitno. 2017. Perancangan Dredger Ship untuk Normalisasi Hilir Sungai Kalimas. Surabaya: Jurusan Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Surabaya.

Herlambang, Ikbal. 2018 Rancang Bangun Trasher Boat Sebagai Moda Sarana Pembersih Sampah Di Sungai Kalimas Surabaya. Jurusan Teknik Perkapalan, ITATS.

Iternational Maritime Organization (IMO). (Consolidated Edition2009). International Convention for the Safety of Life at Sea, 1974, as amended (SOLAS 1974). London: IMO Publishing.

Redaksi.Online, WE. (2017, September 29). WartaEkonomi.co.id,https://www.wartaekonomi.co.id/read156028/gawat-75-air-sungai-di-indonesiatercemar-berat. Diakses pada 07 April, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan